Advertisement

Kantor Kelurahan Ngupasan Tegakkan Protokol Kesehatan

Lugas Subarkah
Selasa, 17 November 2020 - 19:37 WIB
Bhekti Suryani
Kantor Kelurahan Ngupasan Tegakkan Protokol Kesehatan Ingat pesan ibu, cuci tangan dengan sabun. - Antara

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-Pandemi covid-19 masih terjadi di Indonesia, bahkan penambahan kasus harian meningkat dalam beberapa hari terakhir. Protokol Kesehatan pun harus terus ditegakkan di manapun kita berada, termasuk di Kantor Kelurahan.

Kantor Kelurahan menjadi lokasi yang berpotensi penularan virus coron karena membuka pelayanan kepada masyarakat, sehingga perlu benar-benar dijaga protokol kesehatannya. Kalurahan Ngupasan menjadi salah satu kantor Kelurahan yang sudah bagus penerapan protokok kesehatannya.

Advertisement

Lurah Ngupasan, Didik Agus, menjelaskan seluruh orang yang masuk kantor kelurahan wajib mematuhi protokol Kesehatan. “Bagi pengunjung, mulai dari sebelum memasuki kantor kelurahan, wajib mencuci tangan di tempat yang sudah disediakan di depan pintu msauk,” ujarnya, Senin (16/11/2020).

Saat memasuki kantor kelurahan, pengunjung wajib memakai masker. Jika lupa tidak membawa atau tidak punya, pihaknya juga menyediakan masker gratis. Menurutnya, masker masih menjadi pelindung paling ampuh megnhadapi covid-19, sehingga semua orang harus dengan kesadaran penuh menggunakan masker saat beraktivitas.

Di dalam kantor, meja pelayanan disekat menggunakan plastik setinggi sekira satu meter, sehingga meski berhadap-hadapan, petugas kelurahan tidak secara langsung tatap muka dengan pengunjung. Sekat plastic ini bertujuan menahan jika ada percikan droplet baik dari petugas kelurahan maupun pengunjung.

Kemudian di kursi tunggu, telah dipasangi tanda silang pada beberapa kursi, sehingga menyisakan separo kapasitas dengan jarak yang tidak berdekatan. Pengunjung pun tidak perlu khawatir bersentuhan dengan pengunjung lain karena jaraknya terjaga cukup jauh.

Di luar kantor kelurahan, pihaknya juga senantiasa menegakkan protokol Kesehatan di lingkungan masyarakat. Setiap rabu, petugas kelurahan akan melakukan sosialisasi protokol Kesehatan menggunakan speaker sehingga menjangkau seluruh warga.

Kemudian setiap sabtu malam, bersama petugas Kecamatan Gondomanan juga dilakukan edukasi protokol Kesehatan khusus di beberapa lokasi yang rawan keramaian seperti Alun-Alun Utara sisi barat, dimana kerap digunakan sebagai tempat nongkrong anak muda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Yusril Serahkan Berkas Putusan Asli MK ke Prabowo Subianto

News
| Selasa, 23 April 2024, 21:47 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement