Kantor Kelurahan Ngupasan Tegakkan Protokol Kesehatan

Ingat pesan ibu, cuci tangan dengan sabun. - Antara
17 November 2020 19:37 WIB Lugas Subarkah Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA-Pandemi covid-19 masih terjadi di Indonesia, bahkan penambahan kasus harian meningkat dalam beberapa hari terakhir. Protokol Kesehatan pun harus terus ditegakkan di manapun kita berada, termasuk di Kantor Kelurahan.

Kantor Kelurahan menjadi lokasi yang berpotensi penularan virus coron karena membuka pelayanan kepada masyarakat, sehingga perlu benar-benar dijaga protokol kesehatannya. Kalurahan Ngupasan menjadi salah satu kantor Kelurahan yang sudah bagus penerapan protokok kesehatannya.

Lurah Ngupasan, Didik Agus, menjelaskan seluruh orang yang masuk kantor kelurahan wajib mematuhi protokol Kesehatan. “Bagi pengunjung, mulai dari sebelum memasuki kantor kelurahan, wajib mencuci tangan di tempat yang sudah disediakan di depan pintu msauk,” ujarnya, Senin (16/11/2020).

Saat memasuki kantor kelurahan, pengunjung wajib memakai masker. Jika lupa tidak membawa atau tidak punya, pihaknya juga menyediakan masker gratis. Menurutnya, masker masih menjadi pelindung paling ampuh megnhadapi covid-19, sehingga semua orang harus dengan kesadaran penuh menggunakan masker saat beraktivitas.

Di dalam kantor, meja pelayanan disekat menggunakan plastik setinggi sekira satu meter, sehingga meski berhadap-hadapan, petugas kelurahan tidak secara langsung tatap muka dengan pengunjung. Sekat plastic ini bertujuan menahan jika ada percikan droplet baik dari petugas kelurahan maupun pengunjung.

Kemudian di kursi tunggu, telah dipasangi tanda silang pada beberapa kursi, sehingga menyisakan separo kapasitas dengan jarak yang tidak berdekatan. Pengunjung pun tidak perlu khawatir bersentuhan dengan pengunjung lain karena jaraknya terjaga cukup jauh.

Di luar kantor kelurahan, pihaknya juga senantiasa menegakkan protokol Kesehatan di lingkungan masyarakat. Setiap rabu, petugas kelurahan akan melakukan sosialisasi protokol Kesehatan menggunakan speaker sehingga menjangkau seluruh warga.

Kemudian setiap sabtu malam, bersama petugas Kecamatan Gondomanan juga dilakukan edukasi protokol Kesehatan khusus di beberapa lokasi yang rawan keramaian seperti Alun-Alun Utara sisi barat, dimana kerap digunakan sebagai tempat nongkrong anak muda.