Kustini Sri Purnomo Minta Peran Guru PAUD Diapresiasi

Kustini Sri Purnomo berfoto bersama sejumlah guru PAUD nonformal, belum lama ini. - Istimewa
24 November 2020 20:12 WIB Yudhi Kusdiyanto Sleman Share :

Harianjogja.com, SLEMAN—Ratusan sukarelawan guru pendidikan anak usia dini (PAUD) nonformal di Sleman bertemu dan berbagi cerita dengan calon Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo, di rumah pemenangan Jaban, Tridadi, Sleman, belum lama ini.

Dalam pertemuan yang digelar, Kustini mengapresiasi peran tenaga pendidik baik PNS dan non-PNS. "Dalam Program Sleman Cerdas, kami siap memfasilitasi beasiswa untuk guru PNS maupun non-PNS. Kami juga siap memberikan apresiasi kepada tenaga pendidik berdedikasi sekaligus kepada pengelola layanan pendidikan. Program untuk peningkatan kompetensi guru akan bakal diperbanyak," kata Kustini seperti dalam rilis yang diterima Harian Jogja, Selasa (24/11).

Dengan program yang sistematis dan terstruktur, Kustini berharap bentuk perhatian pemerintah terhadap dunia pendidikan akan lebih merata. Pendidikan harus menjadi sektor investasi besar demi melahirkan bibit unggul yang cerdas dan bisa berperan ke depan untuk Kabupaten Sleman.

"Kami menyakini tidak ada yang sia-sia jika pemerintah memberikan perhatian yang besar dalam bidang pendidikan. Kami ingin agar pendidikan nantinya bisa diakses dan tidak ada alasan anak di Sleman tidak sekolah karena orang tua tidak punya uang," katanya.

Koordinator sukarelawan guru PAUD nonformal, Haryanti, menuturkan peran Kustini selama mendampingi Bupati Sri Purnomo sudah banyak membantu guru PAUD. Salah satunya melalui program desa unggulan yang hanya ada di Sleman. "Program ini salah satu sasarannya mengangkat PAUD nonformal," ucapnya.

Di dalam program PAUD desa unggulan juga dibarengi dengan pemberian APE bagi lembaga PAUD. Selain itu adanya fasilitasi bagi pendidik PAUD melalui program peningkatan kapasitas berupa pelatihan dan uji kompetensi. "program peningkatan kapasitas pendidik PAUD, baik berupa pelatihan dan uji kompetensi bagi pendidik PAUD yang diajukan selalumendapat dukungan pemerintah. Kami berharap program ini bisa tetap dilanjutkan oleh Kustini," katanya. (ADV)