Forum Pensosmas DIY Siap Terjun ke Masyarakat

Kegiatan Pembentukan Forum Penyuluh Masyarakat (Pensosmas) DIY - Ist
25 November 2020 10:37 WIB Media Digital Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA - Kehidupan masyarakat kian dinamis. Perubahan signifikan terus terjadi seiring dengan semakin intensnya interaksi sosial, baik pada tingkat lokal maupun global. Perubahan itu pun tak jarang menghadirkan masalah baru. Dibutuhkan kolaborasi peran antara pemerintah dan masyarakat agar upaya pengentasan masalah sosial dapat segera terlaksana.

Ketua Forum Penyuluh Masyarakat (Pensosmas) DIY periode 2020 - 2023, Ari Kurniawan mengatakan masalah kemiskinan menjadi pekerjaan rumah yang paling utama, apalagi saat pandemi Covid - 19 seperti sekarang. Masih banyak warga DIY yang hidup di bawah ambang batas kesejahteraan.

Kementerian Sosial (Kemensos), katanya telah menelurkan sejumlah program untuk mengurangi angka kemiskinan di DIY. Beberapa di antaranya adalah bantuan sosial kepada masyarakat pra-sejahtera. Forum Pensosmas DIY juga turut serta dalam menyosialisasikan program tersebut kepada masyarakat.

Baca juga: Antisipasi Kasus Covid-19 saat Libur Akhir Tahun, Sleman akan Perketat Prokes

Laki-laki yang disapa Ari itu melanjutkan bantuan sosial perlu diiringi dengan pembentukan kemandirian ekonomi masyarakat. Artinya, masyarakat tak semata tinggal terima bantuan tanpa ada tindak lanjut setelahnya. Forum Pensosmas DIY punya peran yang strategis dalam konteks tersebut. Mereka akan terus mendorong masyarakat untuk agar mampu tumbuh dan berkembang.

“Kami di sini sebenarnya banyak memberi motivasi dan edukasi. Lewat motivasi, kami berharap masyarakat tak hanya mengandalkan bantuan dari pemerintah saja. Kami juga mendorong masyarakat mampu menggali potensinya agar bisa hidup mandiri dan tentunya lebih baik dari sebelumnya,” ucap Ari seusai kegiatan Pembentukan Forum Penyuluh Sosial Masyarakat [Pensosmas] tingkat DIY 2020, Selasa (24/11/2020).

Sementara itu, Kabid Penanganan Fakir Miskin Dinas Sosial DIY, Agus Setyanto dalam sambutannya mengatakan Program Penyuluhan Sosial merupakan wujud kerja sama antara pemerintah dengan masyarakat dalam upaya pengentasan masalah sosial. Dengan melibatkan masyarakat, harapnya tujuan dari penyuluhan sosial dapat segera tercapai.

“Masyarakat dan pemerintah harus bergandengan tangan dalam upaya mencegah dan menangani masalah sosial yang sedang terjadi. Peran masyarakat dalam penyuluhan sosial menjadi sangat strategis karena faktor kepercayaan atau kedekatan dengan kelompok sasaran,” katanya.

Baca juga: Gugus Tugas Covid-19 Kulonprogo Siap Tutup Objek Wisata yang Tak Patuh Prokes

Program Penyuluhan Sosial menyimpan tujuan untuk mendukung proses perubahan perilaku masyarakat. Lewat transfer informasi dan pengetahuan dari Pensosmas, diharapkan timbul kemauan dari benak masyarakat untuk turut aktif membangun dan menyelenggarakan kesejahteraan sosial.

Agus menambahkan selama ini Pensosmas bergerak sendiri-sendiri di masing-masing kabupaten/kota. Maka demikian, Forum Pensosmas DIY sengaja dibentuk oleh Dinas Sosial DIY sebagai sarana bertukar pikiran dan diskusi guna memecahkan masalah kesejahteraan secara bersama-sama. (ADV)