Advertisement

Pramuka DIY Turun Tangan Bantu Tanggulangi Covid-19

Lugas Subarkah
Sabtu, 28 November 2020 - 21:47 WIB
Nina Atmasari
Pramuka DIY Turun Tangan Bantu Tanggulangi Covid-19 Gubernur DIY, Sri Sultan HB X mengikuti prosesi pelantikan Mabida, Pengurus Kwartir Daerah, dan Lembaga Pemeriksa Keuangan Gerakan Pramuka DIY Masa Bakti 2020-2025, di Bangsal Kepatihan, Sabtu (28/11/2020). - Ist/dok humas Pemda DIY

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA- Kwartir Nasional (Kwasnas) Gerakan Pramuka melantik dan mengukuhkan Majelis Pembimbing Daerah (Mabida), Pengurus Kwartir Daerah, dan Lembaga Pemeriksa Keuangan Gerakan Pramuka DIY Masa Bakti 2020-2025, di Bangsal Kepatihan, Sabtu (28/11/2020).

Pelantikan dilakukan oleh Sekretaris Jenderal Kwarnas Gerakan Pramuka, Mayjen TNI (Purn) Bachtiar. Dalam Sambutannya, ia menuturkan dalam Gerakan Pramuka, setiap bagian mempunyai fungsinya masing-masing.

Advertisement

“Mabida berfungsi untuk memberikan bimbingan, dukungan, dan fasilitas penyelenggaraan pendidikan kepramukaan secara berkelanjutan dan berkesinambungan. Sementara Kwarda berfungsi untuk membina dan mengelola Gerakan Pramuka di tingkat daerah, membina kwarcab dan organisasi pendukung di wilayah kerjanya,” ujarnya.

Baca juga: Siap Liburan Akhir Tahun? Simak Tips Berwisata Aman Selama Pandemi Covid-19

Pelantikan kali ini kata dia, masih dibayangi dengan suasana keprihatinan akibat pandemi Covid-19. Semua pihak masih harus terus melaksanakan protokol kesehatan dengan ketat. Dalam hal ini, sejak awal Komisi Pengabdian Masyarakat Kwarnas Gerakan Pramuka telah turun tangan langsung membantu penanggulangan demi covid-19.

“Presiden Republik Indonesia selaku Ketua Majelis pembimbing Nasional Gerakan Pramuka pun telah memberikan arahan penting, yakni agar Gerakan Pramuka dapat menumbuhkan dua gerakan penting, yaitu Gerakan Kedisiplinan Nasional dan Gerakan Kepedulian Nasional,” ujarnya.

Menindaklanjuti arahan Presiden RI tersebut, Bachtiar pun mengatakan, Kwarnas telah membentuk Satuan Tugas Pramuka Peduli Covid-19. Satgas ini merupakan kelanjutan dari Satgas yang telah ada sebelumnya. Melalui Satgas ini, upaya Gerakan Pramuka untuk membantu penanggulangan pandemi Covid-19, dapat lebih terarah, terukur, dan mendapatkan hasil yang lebih optimal.

Baca juga: Sepi Pembeli, Pembuat Kostum Pentas Seni di Kulonprogo Buka Jasa Sewa

Gubernur DIY, Sri Sultan HB X selaku Ketua Majelis Pembimbing Daerah Kwarda Gerakan Pramuka DIY, menuturkan dengan dilantik sebagai Majelis Pembimbing Daerah, akan menggugah kesadaran untuk lebih intens mengabdikan diri kepada masyarakat.

“Saat ini adalah momentum yang tepat untuk saya melakukan introspeksi diri, seberapa besar pengabdian pada masyarakat yang telah saya lakukan, khususnya dalam menunaikan Dharma Pramuka. Introspeksi diri ini mengandung makna dan pesan bahwa kita harus memahami semangat kelahiran Pramuka sebagai kader Bhayangkara NKRI,” ujarnya.

Untuk Majelis Pembimbing Daerah dan Pengurus Kwarda Gerakan Pramuka DIY lainnya, Sri Sultan berpesan agar bisa menjadi teladan bagi adik-adiknya. Tidak kalah penting, mereka pun harus selalu siap membantu dengan kemampuan, ketertampilan, dan keahlian yang dimiliki, sehingga ikrar yang telah diucapkan menjadi bermakna.

Sebagai mitra pemerintah kata dia, hendaknya Pramuka juga turut berperan aktif membantu program pemerintah. Hal ini sepadan dengan pendidikan Pramuka yang mengutamakan pembentukan watak. “Pramuka sejati wajib mengamalkan watak dan sikap positif kepada siapapun, di manapun, dan kapanpun,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Viral! Istri Siri Polisi Curhat Alami KDRT, Kompolnas Surati Kapolda Kepri

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 21:57 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement