KABAR KAMPUS: Berawal dari Lingkaran Kecil, Mahasiswa Sastra Indonesia UNY Panen Prestasi

Unggahan di instagram Keluarga Mahasiswa Sastra Indonesia UNY. - Ist/ tangkapan layar
01 Desember 2020 15:57 WIB Nina Atmasari Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA- Banyak lomba yang diikuti hingga dimenangkan oleh mahasiswa Sastra Indonesia Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), ternyata berangkat dari dari lingkaran kecil dan diskusi perihal karya sastra.

Hal itu diungkapkan Kepala Suku KMSI (Keluarga Mahasiswa Sastra Indonesia), Raihan Robby. Ia menyebutkan pada Oktober 2020, dalam sebulan ada 6 perlombaan yang diikuti oleh mahasiswa Sastra Indonesia dan mereka berhasil memenangkan 12 kategori lomba dari total lomba yang diikuti.

Lomba yang diikuti ada yang berkelompok dengan mengatasnamakan KMSI atau divisi di dalamnya, ada juga dari individu mahasiswa. Meski diikuti sebagian mahasiswa, prestasi ini tetap menjadikan semua anggota KMSI bersukacita.

Baca juga: Ratusan Pemuda Diterjunkan untuk Sosialisasi Protokol Kesehatan

Robby mengatakan banyak dari lomba yang diikuti itu berawal dari lingkaran kecil dan diskusi perihal karya sastra. "Awalnya lingkaran ini berangkat dari keresahan. Di lingkaran ini kami mengadakan diskusi perihal karya sastra, kritik dan saran karya teman-teman,” ungkapnya, dikutip dari web resmi UNY, Selasa (1/12/2020).

Adapun sejak pandemi banyak lomba digelar berbagai pihak, tapi menurutnya, para mahasiswa seperti masih takut untuk show up karya. Dari lingkaran diskusi kecil yang mereka gelar, ternyata bisa membawa sebagian dari mereka untuk mengikuti bahkan bisa memenangkan lomba.

Karenanya, Robby berharap teman-temannya mengikuti diskusi-diskusi kecil tersebut agar dapat memunculkan keberanian untuk berkarya.

Baca juga: MK Tunda Sidang Uji Materi UU Ciptaker karena Covid - 19

Dalam proses keikutsertaan lomba, baik individu maupun kelompok, Robby menegaskan tidak ada paksaan. “Tidak ada paksaan untuk mereka ikut lomba. Kita menawarkan siapa yang mau belajar kepenulisan, lalu hasil dari belajar tersebut dilombakan. Tahapannya memang bukan lomba dulu, tapi diskusi terlebih dahulu,” ujarnya.

Salah satu lomba yang diikuti mahasiswa Sastra Indonesia adalah Festival Sastra Mursal Esten V Universitas Negeri Padang. Empat kategori lomba dimenangkan oleh mahasiswa Sastra Indonesia, salah satunya juara pertama kategori lomba cipta naskah drama yang dimenangkan oleh Raihan Robby sendiri.

”Aku senang banget sih pastinya. Lomba-lomba ini bukanlah tujuan utamanya. Lomba ini hanyalah langkah pertama agar selanjutnya teman-teman saya berani berkarya,” pungkas Robby.

Sumber : www.uny.ac.id