Advertisement

Selaraskan Program PEN, Perumnas Bina UMKM di Bunder

David Kurniawan
Selasa, 01 Desember 2020 - 08:37 WIB
Sunartono
Selaraskan Program PEN, Perumnas Bina UMKM di Bunder Realisasi program kemitraan kepada sepuluh pelaku usaha di Dusun Gambiran, Kalurahan Bunder, Patuk. Senin (30/11/2020). - Harian Jogja/David Kurniawan.

Advertisement

Harianjogja.com, PATUK– Perum Pembangunan Perumahan Nasional (Perumnas) berkomitmen untuk membantu UMKM Gunungkidul bangkit akibat pandemi Covid-19. Salah satunya dengan program kemitraan dengan penyaluran kredit lunak kepada 10 UMKM di Kalurahan Bunder, Kapanewon Patuk, Gunungkidul.

General Manager Sekretaris Perusahaan Perum Perumnas Dian Rahmawati mengatakan, pihaknya berkomitmen untuk melaksanakan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) atau Sustainable Development Goals (SDGs). Salah satu program yang dijalankan dengan penguatan UMKM yakni mendukung pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan, tenaga kerja penuh dan produktif dan pekerjaan yang layak bagi semua. Perumnas sebagai salah satu BUMN klaster infrastruktur yang bergerak di bidang developer berkomitmen untuk menyalurkan Program Kemitraan (PK).

Advertisement

BACA JUGA : DIY Petakan Masalah untuk Tentukan Strategi bagi UMKM

Diharapkan melalui program ini, UMKM bisa lebih tangguh dan mandiri. Selain memberikan pendanaan modal kerja dengan jasa administrasi yang sangat ringan, Perumnas juga memberikan pembinaan dan pelatihan bagi mitra binaannya secara intens untuk memperluas pangsa pasar.

“Perumnas mulai menyelaraskan program-program terkait UMKM yang sesuai dengan tujuan pembangunan berkelanjutan dan mendukung program Pemerintah Ekonomi Nasional [PEN],” katanya seperti rilis yang diterima Harianjogja.com, Senin.

Untuk membangkitkan roda ekonomi khususnya UMKM diberikan pendanaan yang bersumber dari dana bergulir milik Perumnas. Untuk program ini diberikan kepada salah satu klaster UMKM yang sesuai dengan core bisnis perusahaan yaitu Kelompok Beton Sejahtera di Kalurahan Bunder, Patuk. “Ada sepuluh pelaku usaha yang mendapatkan program kemitraan dengan total penyaluran dana Rp500 juta,” ungkapnya.

Ketua Kelompok Beton Sejahtera, Beny mengungkapkan banyak manfaat yang didapatkan sebagai mitra binaan Perumnas. Salah satunya diberikan kemudahan akses mendapatkan tambahan modal kerja dengan jasa administrasi ringan. “Kami sangat terbantu,” katanya.

BACA JUGA : Bansos untuk UMKM Diharapkan Mendorong Pertumbuhan

Dia berjanji, program kemitraan yang diberikan akan dimanfaatkan semaksimal mungkin dalam pengembangan usaha yang bergerak di bidang pembangunan buis beton, gorong-gorong, batako dan lain sebagainya. “Ini sangat berarti apalagi kondisi sedang sulit karena pandemi. Kami tetap optimistis akan pengembangan usaha karena adanya pinjaman modal dari Perumnas,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Setelah Lima Hari, 2 Wisatawan yang Berenang di Zona Hahaya Pangandaran Ditemukan Tewas

News
| Rabu, 24 April 2024, 20:07 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement