Banyak APK Terpasang saat Pencoblosan di Sleman, Ini Respons Bawaslu

Ilustrasi. - Freepik
11 Desember 2020 08:17 WIB Hafit Yudi Suprobo Sleman Share :

Harianjogja.com, SLEMAN--Saat hari H pelaksanaan pencoblosan dalam perhelatan Pilkada Kabupaten Sleman Rabu (9/12/2020) lalu, Bawaslu Kabupaten Sleman justru disibukkan dengan masih terdapatnya sejumlah alat peraga kampanye (APK) yang masih terpampang di sejumlah titik.

Ketua Bawaslu Kabupaten Sleman M. Abdul Karim Mustofa mengatakan jika alat peraga kampanye (APK) yang masih terpampang termasuk baliho di sejumlah lokasi.

"Saat pencoblosan kami memang disibukkan dengan temuan-temuan yang berasal dari informasi masyarakat yakni terkait dengan APK yang masih terpampang, bahkan baliho juga masih ada, akhirnya kami berusaha untuk mencopotnya dengan berbagai cara," ujar Karim pada Kamis (10/12/2020).

BACA JUGA : Pilkada Bantul: Halim-Joko Klaim Menang, Suharsono-Totok

Berdasarkan catatan dari Bawaslu Kabupaten Sleman, APK yang masih terpampang berada di sejumlah lokasi. Di antaranya, Jalan Palagan, Plemburan, Jalan Kaliurang, dan di Kecamatan Depok. Bawaslu belum bisa memastikan apakah APK tersebut dipasang menjelang hari h pelaksanaan pencoblosan atau memang sudah lama terpampang.

"Kami tidak bisa memastikan apakah APK yang masih terpampang merupakan kelalaian petugas, atau ada pemasangan baru. Namun, karena sudah menjadi ranah kami untuk melakukan pembersihan dan menjaga kondusifitas di lapangan akhirnya, kami melakukan pembersihan," jelas Karim.

Dikonfirmasi terpisah, Plt Kepala Satuan Polisi Pamong Praja, Susmiarto mengatakan jika pihaknya tidak menampik jika APK pada hari H pelaksanaan pencoblosan saat Pilkada 2020 masih terpampang di sejumlah titik. Namun, dikarenakan personel yang tidak lengkap, APK di sejumlah titik di wilayah kabupaten Sleman akhirnya masih terpampang.

BACA JUGA : Pilkada Gunungkidul: Di Kandang Sendiri, Immawan Kalah

"Hari H pelaksanaan [pencoblosan] itu ketua Bawaslu kontak kami, kebetulan petugas kami habis [dikarenakan sudah melakukan pembersihan APK sejak tiga hari yang lalu] jadi tidak sempurna, akhirnya bisa kita bantu melakukan pembersihan APK pada hari ini," sambung Susmiarto.

Pembersihan APK bahkan masih berlanjut hingga pagi tadi Kamis (10/12/2020). Dibantu dengan alat serta personel yang dimiliki oleh Dinas Lingkungan Hidup kabupaten Sleman, Satpol PP Kabupaten Sleman melakukan pembersihan APK pada hari ini Kamis (10/12).

"Kami sifatnya membantu Bawaslu, artinya kami ikut rekomendasi dari Bawaslu. Saya enggak tahu kalau soal itu [APK dipasang Kembali] . Yang jelas kami tidak sengaja membiarkan itu (APK masih terpampang), hari ini APK sudah bersih," pungkas Susmiarto.