Pilkada Bantul: Halim-Joko Klaim Menang, Suharsono-Totok Mengaku Kalah

Calon Bupati Bantul nomor urut 1 Abdul Halim Muslih bersama istri Emi Masruroh sedang menyalurkan hak suaranya di TPS 006 Dusun Singosaren, Desa Wukirsari, Kecamatan Imogiri, Bantul, Rabu (9/12/2020). - Harian Jogja/Ujang Hasanudin
09 Desember 2020 16:50 WIB Ujang Hasanudin Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL—Pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Bantul, Abdul Halim Muslih-Joko Purnomo, mengklaim menang di Pilkada 2020, Rabu (9/12/202). Sementara, saingannya, pasangan Suharsono-Totok Sudarto mengaku kalah, tetapi akan menunggu hasil perhitungan resmi KPU.

Ketua Tim Pemenangan Halim-Joko, Subhan Nawawi, mengatakan sudah ada 96% tempat pemungutan suara (TPS) yang suaranya dikantongi timnya. Menurut dia, Halim-Joko meraup sekitar 57% suara.

BACA JUGA: Pilkada Gunungkidul: Di Kandang Sendiri, Immawan Kalah dari Babe

“Kami yakin sudah menang dan sudah mempersiapkan pidato kemenangan.  Sejumlah relawan juga akan potong rambut dan berjalan kaki sebagai bentuk syukur,” kata Subhan Nawawi, Rabu sore.

Tim Suharsono-Totok Suharti (Noto) pun mengakui kekalahan berdasarkan hitung cepat. Suara yang dikumpulkan sudah dari 93% TPS.

“Dari penghitungan cepat kami kalah jauh dari Hakim-Joko. Total suara yang masuk untuk Halim-Joko 303 ribuan dan Noto 205 ribuan. Kami akui berat untuk mengejar ketinggalan. Tetapi kami masih menunggu hasil penghitungan dari KPU," kata Ketua Tim Kampanye Noto, Arif Iskandar.

Gambaran hasil Pilkada Bantul sudah terlihat dari TPS tempat masing-masing kandidat mencoblos.

Halim-Joko menang mutlak dari rivalnya Suharsono dan Totok Sudarto di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 006, Dusun Singosaren,  Desa Wukirsari, Kecamatan Imogiri, Bantul dalam pemungutan suara Pilkada Bantul, Rabu (9/12/2020). TPS 006 merupakan TPS tempat Halim menyalurkan hak suaranya bersama istri,  Emi Masruroh.

Ketua KPPS 006, Musa Rohadi mengatakan total Daftar Pemilih Tetal (DPT) sebanyak 365 orang.  Sementara yang hadir atau mencoblos sebanyak 307 pemilih.  Total suara sah 297 dan tidak sah 10 surat suara. Sementara surat suara sisa sebanyak 58 surat suara. 

“Pasangan nomor urut satu [Abdul Halim Muslih-Joko Purnomo] 271 suara dan nomor urut dua [Suharsono-Totok ] sebanyak 26 suara,” kata Rohadi,  seusai penghitungan suara.

BACA JUGA: Pilkada Sleman: Kustini-Danang Menang Telak di TPS Masing-Masing

Sementara, Suharsono kalah telak di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 55, tempat memilihnya, di Demangan, Bangunharjo, Sewon. Dari total 256 suara, Suharsono-Totok Sudarto mendapatkan 70 suara. Adapun lawannya, Abdul Halim Muslih-Joko Purnomo mendapatkan 173 suara. Sementara dari 256 suara, tidak sah sebanyak 13 suara.

Adapun, calon Wakil Bupati Bantul Totok Sudarto menang telak di TPS 009, Terong1, Dlingo, tempatnya memilih.

Dari 215 suara, pasangan Suharsono-Totok Sudarto berhasil meraih 168 suara, sedangkan pasangan Abdul Halim Muslih-Joko Purnomo hanya meraih  43 suara.

“Untuk suara tidak sah ada 4 suara. Kami mulai melakukan perhitungan tepat pukul 13.00 WIB. Proses pemilihan dan penghitungan semua lancar,” kata Ketua TPS 009, Gatot.