Advertisement

450 Personel Satgas Ops Statis Yonmek 403 Disiapkan ke Papua

Abdul Hamied Razak
Jum'at, 11 Desember 2020 - 09:17 WIB
Sunartono
450 Personel Satgas Ops Statis Yonmek 403 Disiapkan ke Papua Sebanyak 450 personel Satgas Ops Satgas Utama (Statis) RI - PNG Sektor Utara Yonmek 403/WP Kodam IV/Diponegoro mengikuti latihan di Lapangan Yonif 403/WP, Kamis, (10/12). Ist - 403.

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN--Untuk meningkatkan kemampuan dan kesiapan Operasi Pengamanan Perbatasan Darat Sektor Utara RI-PNG di wilayah Papua, sebanyak 450 personel Satgas Ops Satgas Utama (Statis) RI - PNG Sektor Utara Yonmek 403/WP Kodam IV/Diponegoro mengikuti latihan di Lapangan Yonif 403/WP, Kamis, (10/12/2020).

Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Bakti Agus Fadjari mengatakan latihan pratugas tersebut harus dilakukan dengan sunguh-sungguh dan penuh tanggung jawab. Latihan yang diikuti oleh para prajurit tersebut bertujuan untuk meningkatkan profesionalisme, disiplin, soliditas, loyalitas, kebersamaan dalam menunaikan tugas di daerah operasi. Setelah pratugas, mereka akan dikirim ke Papua pada awal 2021 mendatang.

Advertisement

BACA JUGA : 36 Anggota TNI di Papua Barat Positif Covid-19 

Mereka akan bertugas untuk menciptakan kondusifitas wilayah, khususnya pada aspek keamanan dan ketertiban suasana kehidupan masyarakat secara wajar dan normal di wilayah perbatasan darat RI-PNG.

"Ikuti latihan ini dengan rasa tanggung jawab dan semangat guna mendukung saat penugasan di Papua," kata Pangdam saat membuka Latihan Pratugas Satgas Yonif 403/WP TA 2020 di Lapangan Yonif 403/WP.

Pelatihan pratugas digelar selama dua pekan kedepan di wilayah Sumowono Bantir, Kendal dan Temanggung Jawa Tengah. Sebanyak 450 personel yang mengikuti pratugas berasal dari lima kompi (Kipur). Mulai Pos Komando Taktis (Kotis), Pos Komando Utama (Kout), Kipur 1, 2 dan 3.

BACA JUGA : Sepanjang 2019, 10 Anggota TNI dan Polri Gugur dalam

"Saat bertugas nanti harus bertugas sesuai dengan kaidah-kaidah hukum Internasional. Jika ada masalah sosial lakukan pendekatan kultur budaya dengan mengedepankan kearifan lokal," kata Pangdam.

Pangdam juga mengingatkan saat ini masyarakat Indonesia masih menghadapi Pandemi Covid-19. Oleh karenanya, ia meminta seluruh personel untuk menjaga kesehatan dengan selalu mematuhi protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19.

"Ikuti apa yang di latihkan pelatih dan tetap laksanakan Protokol kesehatan selama latihan pratugas," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Patahan Pemicu Gempa Membentang dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, BRIN: Di Dekat Kota-Kota Besar

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement