Sah! Hasil Rekap KPU Bantul Menangkan Paslon Halim-Joko

Abdul Halim Muslih dan Joko Purnomo berjabatangan seusai Halim mendaftar sebagai bakal Calon Bupati Bantul lewat penjaringan DPC PDIP, beberapa waktu lalu. - Ist
15 Desember 2020 18:07 WIB Ujang Hasanudin Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL-Pasangan calon bupati dan wakil bupati Bantul, Abdul Halim Muslih dan Joko Budi Purnomo resmi memenangkan pilkada 2020. Kemenangan tersebut setelah rekapitulasi suara tingkat kabupaten selesai dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bantul.

Ketua KPU Bantul, Didik Joko Nugroho mengatakan setelah pihaknya melakukan rekap selama dua terakhir ini diperoleh hasil sebagai berikut, “Prolehan suara pasangan calon nomor urut satu [Abdul Halim Muslih dan Joko B Purnomo] 305.563 suara, kemudian pasangan calon nomor urut dua [Suharsono dan Totok Sudarto] 228.407 suara,” kata Didik, Selasa (15/12/2020).

Sementara jumlah suara sah sebanyak 533.970 suara dan suara tidak sah 33.587 suara, sehingga total suara sah dan tidak sah sebanyak 567.557 suara. Didik mengatakan setelah penetapan ini hasilya akan diumumkan kepada masyarakat selama tujuh hari ke depan. Pengumuman tersebut juga sambil menunggu apakah ada sengketa atau tidak.

“Ketika tidak ada sengketa tahapan berikutnya nunggu rilisnya Mahkamah Konstitusi [MK] apakah Bantul ada sengketa atau tidak. Ketika bantul tidak ada sengketa maka kemudian tiga hari setelah BNPK [Buku Reistrasi Perkara Konstitusi] keluar kemudian penetapan calon terpilih,” kata Didik. Dia memprediksi rapat penetapan calon terpilih dilakukan pada akhir Desember atau awal Januari mendatang.