Advertisement

Penumpang di YIA Diprediksi Naik 25 Persen saat Libur Nataru

Jalu Rahman Dewantara
Selasa, 15 Desember 2020 - 12:57 WIB
Sunartono
Penumpang di YIA Diprediksi Naik 25 Persen saat Libur Nataru Pengguna jasa penerbangan saat menunggu kedatangan pesawat di terminal keberangkatan Yogyakarta Internasional Airport (YIA), Kapanewon Temon, Kulonprogo, Selasa (15/12/2020). - Harian Jogja/Jalu Rahman Dewantara.

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO--Jumlah pengguna jasa penerbangan di Yogyakarta International Airport (YIA), Kapanewon Temon, Kulonprogo diprediksi melonjak pada momen libur natal dan tahun baru mendatang. Kenaikkannya disebut-sebut bisa mencapai 25 persen.

"Prediksi kami ada kenaikan sekitar 25 persen," ucap PTS General Manager YIA Bambang Triyono saat ditemui di YIA, Selasa (15/12/2020).

Advertisement

Bambang mengatakan saat ini jumlah penumpang pulang pergi (PP) di YIA berkisar 4.000 orang per hari. Memasuki Desember 2020, jumlahnya naik hingga 8.000 penumpang per hari. Berdasarkan hal itu pihaknya memprediksi pada momen libur nataru yang berlangsung pada pekan depan bakal terjadi kenaikan lagi sampai 25 persen.

BACA JUGA : Jumlah Penumpang YIA Belum Bertambah Signifikan

"Untuk arus balik juga sama, memang di Jogja ini cukup menarik ya, kedatangan itu biasanya meningkat di hari Jumat, kemudian kembalinya Minggu. Nah mungkin nanti di masa nataru saat awal liburan ada peningkatan, lalu meningkat lagi saat arus balik di akhir liburan," ujarnya.

Dikatakan Bambang, jika prediksi itu benar terjadi, maka perkiraan jumlah penumpang yang datang dan pergi selama Nataru berkisar 10.000 orang. Ia memastikan jumlah itu tidak akan jadi soal, karena dari segi luasan bandara ini dipastikan dapat menampung mereka semua.

BACA JUGA : Makin Ramai, YIA Dikunjungi 3.000 Penumpang per Hari

Ia juga memastikan siap memberikan layanan terbaik kepada para pengguna jasa penerbangan. Seluruh stakeholder terkait telah dikomunikasikan soal ini agar bersiap menyambut kedatangan penumpang. Dalam pelaksanaannya nanti pihaknya juga tetap menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Terkait dengan ketersediaan maskapai yang melayani penumpang di masa nataru, Bambang mengatakan sampai saat ini belum ada maskapai yang mengajukan ekstra flight atau penerbangan tambahan.

"Belum ada ekstra flight, tapi kami tetap siap, karena slot [penerbangan] di sini sangat longgar," ujarnya.

BACA JUGA : Jumlah Penumpang Meningkat, YIA Perketat Protokol

Perlu diketahui saat ini jumlah penerbangan di YIA mencapai 45 penerbangan per hari. Jumlah itu bisa bertambah jika memasuki masa liburan atau akhir pekan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kemenkes Buka Pendaftaran Lowongan Nakes untuk 4 Rumah Sakit

News
| Kamis, 25 April 2024, 01:17 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement