Pelaku Penipuan Asal Klaten Diringkus

Ilustrasi. - Freepik
17 Desember 2020 09:27 WIB Jumali Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL - Kepolisian Sektor (Polsek) Piyungan berhasil menangkap YK, 54, warga Klaten, yang merupakan pelaku tindak pidana penipuan, Rabu (16/12/2020).

Kanit Reskrim Piyungan Iptu Wahyu Tri Wibowo mengatakan, YK ditangkap setelah sebelumnya ada laporan dari Rini Purwanti, warga Duwet Gentong, Srimulyo, Piyungan pada 6 Desember lalu. Saat itu, korban mengaku jika orang tuanya telah dirugikan oleh warga Jogonalan, Klaten, tersebut.

Awalnya YK yang mengaku bernama Nanto pada 29 November, mengaku bisa mencarikan orang pintar kepada orang tua Rini Purwati guna mengatasi masalah yang dihadapi. Setelah itu, pelaku pada 2 Desember mendatangi orang tua Rini dengan meminta uang untuk membeli kelengkapan ritual.

Padahal, orang tua Rini sudah berkali-kali menyerahkan uang kepada pelaku. Karena merasa curiga, akhirnya Rini melaporkan hal tersebut kepada polsek terdekat. Berdasarkan bukti permulaan yang cukup, akhirnya petugas menangkap pelaku.

“Tersangka mengakui semua perbuatannya dengan alasan terjepit masalah ekonomi. Atas perbuatannya, pelaku dijerat dengan pasal 378 Kitab Undang Undang Hukum Pidana dengan ancaman penjara paling lama empat tahun," kata Kanit Reskrim.