12 Desa Rintisan Budaya Terima Bantuan Gamelan

Salah satu penampilan di hari pertama Yogyakarta Gamelan Festival 2020, Rabu (18/11/2020).-Harian Jogja - Ist
18 Desember 2020 03:37 WIB Jalu Rahman Dewantara Kulonprogo Share :

Harianjogja.com, KULONPROGO--Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) Kabupaten Kulonprogo memberikan bantuan seperangkat gamelan kepada 12 Desa Rintisan Budaya di kabupaten ini. Bantuan ini merupakan upaya Disbud dalam mengembangkan potensi seni di Bumi Menoreh.

"Melalui bantuan ini kami ingin memotivasi para pelaku seni dalam mengembangkan potensi dan kreativitas mereka," kata Kepala Disbud Kulonprogo, Niken Probo Laras seusai penyerahan bantuan di Taman Budaya Kulonprogo, Pengasih, Kamis (17/12/2020).

Niken menjelaskan bantuan gamelan besi Slendro-Pelog ini adalah kelanjutan dari bantuan serupa yang sebelumnya sudah diberikan jawatannya pada 8 Desa Rintisan Budaya di Kulonpogo pada tahun 2018 lalu. Bantuan ini bersumber dari dana keistimewaan DIY.

Baca juga: Syarat Naik Kereta Api Perlu Swab Antigen? Ini Penjelasan KAI

Adapun 12 Rintisan Desa Budaya yang mendapatkan Bantuan tersebut, adalah Giripurwo, Rintisan, Pendoworejo, Purwoharjo, Salamrejo, Demangrejo, Banguncipto, Tawangsari, Hargotirto, Hargowilis, Depok, Giripeni, dan Jatirejo.

Bupati Kulonprogo, Sutedjo berharap bantuan ini memberikan stimulan bagi Rintisan Desa Budaya, serta mampu memberikan kemanfaatan yang lebih besar bagi pengembangan dan pelestarian budaya yang telah ada. "Semoga bisa dimanfaatkan sebaik mungkin sehingga upaya melestarikan seni tradisional dapat terwujud," ujarnya.