Advertisement

Wisatawan Tugu Jogja Harus Taat Protokol Kesehatan

Catur Dwi Janati
Selasa, 22 Desember 2020 - 13:17 WIB
Budi Cahyana
Wisatawan Tugu Jogja Harus Taat Protokol Kesehatan Ingat Pesan Ibu, Jangan Lupa Pakai Masker. - Antara

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Revitalisasi Tugu Pal Putih yang telah rampung membuat ikon utama Jogja itu bakal dikunjungi banyak wisatawan. Satgas Covid-19 telah menyiapkan strategi agat protokol kesehatan (prokes) tetap diterapkan.

Mantri Pamong Praja (Camat), Kemantren Jetis, Sumargandi yang sekaligus sebagai Kepala Satgas Covid-19 Kemantren Jetis telah berkoordinasi dengan Forkopimca Jetis, Polsek, Koramil, BKO Satpol PP, perangkat kalurahan dan kementren.

Advertisement

"Kami kerahkan juga, pertama untuk edukasi yang sudah rutin kami laksanakan. Bentuk edukasi kami menggunakan mobil Satpol PP kemudian dengan Satpol PP, Polsek, Koramil d isekitar Tugu," terang Sumargandi, Jumat (18/12/2020).

Edukasi juga digencarkan di kawasan sekitar Tugu hingga masuk ke lingkungan masyrakat. "Di wilayah Kemantren Jetis sampai ke dalam masyarakat. Selain memakai pengeras suara kita juga menggunakan selabaran dari Forkopimca berisi imbauan 4M [memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak, dan menghindari kerumunan]," kata Sumargandi.

Tindakan penegakan hanya dilakukan manakala ada pelanggar prokes yang membandel. Sumargandi menuturkan langkah persuasif masih jadi upaya pertama yang dikedepankan.

Sementara itu wisatawan tak bermasker di sejumlah kawasan Jetis akan diberikan masker oleh petugas bila membawa persediaan masker. Bila tidak membawa masker cadangan atau habis, petugas akan meminta wisatawan kembali ke hotel mengambil masker.

Sumargandi meminta hotel untuk mengingatkan dan memastikan wisatawan hotel telah mengenakan masker saat hendak keluar penginapan. "Kami juga ke hotel-hotel dan penginapan kita berikan edukasi juga agar tamu di hotel untuk wajib keluar menggunakan masker. Dari hotelnya juga diingatkan, kan kita juga keliling hotel tempat usaha untuk edukasi," ucap Sumargandi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

AS Disebut-sebut Bakal Memberikan Paket Senjata ke Israel Senilai Rp16 Triliun

News
| Sabtu, 20 April 2024, 17:37 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement