Advertisement

UNY Siapkan Seleksi Mandiri Berbasis Domisili, Calon Mahasiswa Tak Perlu ke Jogja

Hery Setiawan (ST 18)
Selasa, 22 Desember 2020 - 04:17 WIB
Nina Atmasari
UNY Siapkan Seleksi Mandiri Berbasis Domisili, Calon Mahasiswa Tak Perlu ke Jogja Gedung Rektorat Universitas Negeri Yogyakarta - Instagram @universitasnegeriyogyakarta

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN — Universitas Negeri Yogyakarta telah menyusun rencana penerimaan mahasiswa baru [PMB] sesuai dengan penerapan protokol kesehatan. Salah satunya adalah tes berbasis domisili. Peserta tak perlu datang ke kampus UNY untuk mengikuti ujian.

“Untuk mengatasi penyebaran Covid - 19, untuk seleksi mandiri kami menyiapkan tes komputer berbasis domisili. Peserta tak perlu datang ke Jogja. Mau dari Aceh pun juga bisa ikut tes,” kata Plt Rektor UNY, Margana pada Senin (21/12/2020).

Advertisement

UNY menyediakan kuota sebanyak 30% untuk sekeksi mandiri. Seleksi mandiri UNY untuk jenjang Strata 1 baru akan digelar setelah pengumuman Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri [SNMPTN] dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri [SBMPTN]. “Karena UNY statusnya belum perguruan tinggi negeri badan hukum,” ujarnya.

Baca juga: Begini Cara Pemkab Bantul Periksa Hasil Swab Antigen Wisatawan

Selain seleksi berbasis tes, UNY juga membuka jalur penerimaan mahasiswa berbasis prestasi akademik maupun non-akademik. Peserta hanya perlu melampirkan lembar nilai, bukti prestasi dan sertifikat untuk mendaftar.

Margana mengklaim, jumlah peminat UNY pada tahun 2020 atau pada masa pandemi Covid - 19 justru lebih banyak jika dibandingkan tahun lalu. Hal tersebut membuatnya yakin kalau UNY akan menerima capaian serupa pada tahun 2021.

Baca juga: Tamu Hotel di DIY Diminta Tunjukkan Surat Swab Antigen

Ketika disinggung soal keringanan Uang Kuliah Tunggal [UKT] dan uang pangkal atau sumbangan pembangunan institusi [SPI], Margana mengatakan UNY akan tetap membuka pintu bagi orang tua mahasiswa yang kesulitan ekonomi.

SPI sendiri, katanya hanya dibebankan kepada calon mahasiswa yang diterima melalui jalur seleksi mandiri. Sementara UKT dibebankan kepada mahasiswa sesuai dengan kemampuan ekonomi orang tua.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kuta Selatan Bali Diguncang Gempa Berkekuatan Magnitudo 5,0

News
| Jum'at, 26 April 2024, 21:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement