UNY Siapkan Seleksi Mandiri Berbasis Domisili, Calon Mahasiswa Tak Perlu ke Jogja

Gedung Rektorat Universitas Negeri Yogyakarta - Instagram @universitasnegeriyogyakarta
22 Desember 2020 04:17 WIB Hery Setiawan (ST 18) Sleman Share :

Harianjogja.com, SLEMAN — Universitas Negeri Yogyakarta telah menyusun rencana penerimaan mahasiswa baru [PMB] sesuai dengan penerapan protokol kesehatan. Salah satunya adalah tes berbasis domisili. Peserta tak perlu datang ke kampus UNY untuk mengikuti ujian.

“Untuk mengatasi penyebaran Covid - 19, untuk seleksi mandiri kami menyiapkan tes komputer berbasis domisili. Peserta tak perlu datang ke Jogja. Mau dari Aceh pun juga bisa ikut tes,” kata Plt Rektor UNY, Margana pada Senin (21/12/2020).

UNY menyediakan kuota sebanyak 30% untuk sekeksi mandiri. Seleksi mandiri UNY untuk jenjang Strata 1 baru akan digelar setelah pengumuman Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri [SNMPTN] dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri [SBMPTN]. “Karena UNY statusnya belum perguruan tinggi negeri badan hukum,” ujarnya.

Baca juga: Begini Cara Pemkab Bantul Periksa Hasil Swab Antigen Wisatawan

Selain seleksi berbasis tes, UNY juga membuka jalur penerimaan mahasiswa berbasis prestasi akademik maupun non-akademik. Peserta hanya perlu melampirkan lembar nilai, bukti prestasi dan sertifikat untuk mendaftar.

Margana mengklaim, jumlah peminat UNY pada tahun 2020 atau pada masa pandemi Covid - 19 justru lebih banyak jika dibandingkan tahun lalu. Hal tersebut membuatnya yakin kalau UNY akan menerima capaian serupa pada tahun 2021.

Baca juga: Tamu Hotel di DIY Diminta Tunjukkan Surat Swab Antigen

Ketika disinggung soal keringanan Uang Kuliah Tunggal [UKT] dan uang pangkal atau sumbangan pembangunan institusi [SPI], Margana mengatakan UNY akan tetap membuka pintu bagi orang tua mahasiswa yang kesulitan ekonomi.

SPI sendiri, katanya hanya dibebankan kepada calon mahasiswa yang diterima melalui jalur seleksi mandiri. Sementara UKT dibebankan kepada mahasiswa sesuai dengan kemampuan ekonomi orang tua.