Advertisement

Mahasiswa Papua di Jogja Gelar Papua Design Weeks

Media Digital
Kamis, 24 Desember 2020 - 20:17 WIB
Bhekti Suryani
Mahasiswa Papua di Jogja Gelar Papua Design Weeks Sejumlah mahasiswa Papua di Jogja yang terlibat dalam Papua Design Weeks berfoto bersama/Ist

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Kebudayaan merupakan manifestasi semua unsur kehidupan suatu bangsa.

Identitas otentik peradaban bangsa dibentuk seumur hidupnya oleh alam, zaman, pola hidup-perilaku, pola pikir, interaksi dan struktur sosial, adat, agama, bahasa, norma dan seluruh hasil cipta manusia yang tumbuh dan memiliki ciri khas dan jati diri.

Advertisement

Hadirnya beragam wujud kebudayaan di seantero Nusantara yang dapat kita nikmati hari ini, seolah menegaskan kekayaan kebudayaan beserta entitas-entitas asli yang bermukim di sana.

Noken Solutions dan Hati Btari menaruh perhatian besar terhadap hal ini, sekaligus menginisiasi satu kegiatan seni dan budaya bertajuk "Papua Design Weeks".

Ika Permana Sari selaku perwakilan dari Hati Btari mengatakan "kami rutin menyelenggarakan kegiatan sosial dari kontribusi kami para anggota Hati Btari dengan tujuan agar dalam masa pandemi ini komunitas Hati Btari bisa saling peduli",' kata dia melalui rilis, Rabu (24/12/2020).

Papua Design Weeks merupakan kegiatan kolaboratif teman-teman asrama mahasiswa Papua di Kota Yogyakarta. Rangkaian kegiatan yang dilaksanakan tidak semata untuk mengungkap eksistensi dan kekayaan budaya Papua, namun sekaligus ingin menggugah dan meningkatkan jiwa entrepreneur anak muda Papua dalam menciptakan desain produk dan menemukenali peluang media promosi digital di era kemajuan teknologi.

Dengan kata lain, Papua Design Weeks ingin mendorong lebih jauh pemaknaan kebudayaan asli Papua sebagai modal sosial, tidak hanya sebagai warisan sosial belaka.

Secara keseluruhan rangkaian kegiatan Papua Design Weeks mulai dilaksanakan tanggal 15 Desember 2020 hingga 11 Januari 2021.

Kegiatan-kegiatan yang akan laksanakan meliputi: focus group discussions (FGDs), workshop dan ditutup dengan pameran karya seni dan pentas kebudayaan yang akan ditampilkan secara virtual agar dapat dinikmati oleh publik secara luas.

Rangkaian kegiatan Papua Design Weeks melibatkan sekurangnya 100 teman-teman mahasiswa Papua dari berbagai asrama yang ada di Yogyakarta.

Kegiatan FGD di masing-masing asrama menjadi ruang dialog bersama teman-teman mahasiswa Papua untuk menyampaian gagasan sosio-historis kultural dalam mengidentifikasi budaya dan produk karya seni yang akan diusulkan oleh masing-masing asrama.

Usulan dan kesepakatan yang lahir dalam FGD menjadi rujukan dalam proses pembuatan karya seni dalam kegiatan workshop masing-masing asrama yang dilaksanakan dari tanggal 19-24 Desember 2020.

Dalam pelaksanaannya, workshop akan melibatkan fasilitasi dari desainer-desainer lokal, yang sifatnya untuk elaborasi dan kolaborasi karya seni dan budaya Papua.

Di pengujung kegiatan, karya seni dan budaya Papua akan dipamerkan secara virtual dan on site di Sangkring Art Space, Nitiprayan, Kab. Bantul, Yogyakarta, pada tanggal 5-11 Januari 2021.

Elna Febiastuti selaku ketua panitia dan pencetus Papua Design Week mengatakan bahwa "Pameran diharapkan tidak hanya menjadi perhelatan seni dan budaya kepada publik, namun didorong agar mampu menjadi ruang apresiasi dan media pemasaran produk dari teman-teman mahasiswa Papua di Yogyakarta. Pada akhirnya, seni dan budaya tidak semata dipandang sebagai obyek keindahan, melainkan menjadi peluang ekonomi baru".

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kabar Susunan Kabinet Prabowo, Gerindra: Belum Ada yang Resmi

News
| Minggu, 28 April 2024, 21:37 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement