Pelanggaran Jam Operasional Warung Makan Bertebaran di DIY Saat Malam Tahun Baru

nKegiatan patroli tim gabungan Forkomincam Depok Sleman untuk membubarkan keramaian dan melebihi batas waktu operasional di salah satu Warmindo di Babarsari beberapa waktu lalu. - Harian Jogja/Abdul Hamid Razak
01 Januari 2021 18:17 WIB Sirojul Khafid Sleman Share :

Harianjogja.com, JOGJA– Beberapa tempat makan langgar jam operasional di malam pergantian tahun 2021. Salah satu tempat makan di daerah Gondokusuman buka melebihi batas waktu pukul 22.00 WIB. Menurut Peraturan Guberbur DIY, tempat usaha yang seperti tempat makan, wisata, dan sebagainya, jam operasional maksimal sampai 22.00 WIB.

Muhammad Rizqy Rosi Mahardika, 21 tahun, salah satu pelanggan di tempat makan tersebut. Sekitar pukul 22.30 WIB, tempat makan itu masih beroperasi. “Sekitaran jam setengah sebelas [malam], tiba-tiba lampu [tempat makan] dimatiin. Aku sama temenku kaget, apa mau tutup? Terus kata pemilik tempat makan ‘ada polisi,’ kami disuruh pindah ke tengah,” kata Rizqy saat ditemui pada Jumat (1/1/2020).

Saat itu ada tiga meja yang terisi oleh pelanggan. Lampu yang dimatikan hanya bagian depan tempat makan, sementara sebagian lampu di dalam masih menyala. “Waktu masak kaya diperlambat, kesannya kaya mau tutup,” kata Rizqy.

Rizqy merupakan mahasiswa yang tinggal di Jogja. Setelah makan, dia merayakan tahun baru di kawasan Tugu Pal Putih Jogja. “Bingung mau ke mana, pengen ngebuktiin aja katanya ditutup, ternyata buka biasa,” katanya.

Selain di kawasan Gondokusuman, beberapa tempat makan juga terlihat beroperasi, khususnya di Jalan Gejayan, Sleman. Setidaknya ada tiga tempat makan tidak permanen yang beroperasi sekitar pukul 01.30 WIB. Banyak pelanggan yang datang dan menciptakan kerumunan.