Ratusan Juta Dana Hibah Pariwisata di Jogja Tak Terserap

Foto ilustrasi. - Ist/Freepik
04 Januari 2021 21:57 WIB Catur Dwi Janati Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA--Beberapa penerima dana hibah pariwisata dari Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) di Jogja telah mengembalikan sejumlah anggaran yang tak mampu diserap atau dikelola. Total dana hibah tak terserap menyentuh angka ratusan juta rupiah.

Asisten Sekretaris Daerah Bidang Perekonomian dan Pembangunan Kota Jogja Kadri Renggono pada Senin (4/1/2020) menyebutkan ada 15 hotel dan restoran di Kota Jogja yang tercatat sebagai penerima dana hibah pariwisata mengembalikan sisa dana hibah tak terserap. Meski tidak terlalu banyak, dana yang dikembalikan mencapai ratusan juta rupiah ke kas daerah. "Total nilai hibah pariwisata yang tidak terserap sebenarnya tidak terlalu banyak, yaitu Rp178,9 juta," terang Kadri.

Berdasarkan catatan yang ada, sebanyak 273 hotel dan restoran di Kota Jogja menerima bantuan dana hibah pariwisata dan 15 penerima yang mengembalikan sisa dana tak terserap. Namun Kadri mencatat dari jumlah 15 penerima hibah yang mengembalikan dana, dua di antaranya menyetor kembali dana hibah dengan nominal yang cukup tinggi.

Dua penerima hibah mengembalikan dana tak terserap dengan nominal sebesar Rp96 juta dan Rp61 juta. Disebutkan Kadri dana tersebut dikembalikan karena penerima tak mampu memanfaatkannya. "Mereka tidak memanfaatkan dana tersebut, selebihnya sisa dana hibah yang dikembalikan oleh masing-masing penerima tidak terlalu besar," terangnya.