Advertisement

Ratusan Juta Dana Hibah Pariwisata di Jogja Tak Terserap

Catur Dwi Janati
Senin, 04 Januari 2021 - 21:57 WIB
Bhekti Suryani
Ratusan Juta Dana Hibah Pariwisata di Jogja Tak Terserap Foto ilustrasi. - Ist/Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Beberapa penerima dana hibah pariwisata dari Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) di Jogja telah mengembalikan sejumlah anggaran yang tak mampu diserap atau dikelola. Total dana hibah tak terserap menyentuh angka ratusan juta rupiah.

Asisten Sekretaris Daerah Bidang Perekonomian dan Pembangunan Kota Jogja Kadri Renggono pada Senin (4/1/2020) menyebutkan ada 15 hotel dan restoran di Kota Jogja yang tercatat sebagai penerima dana hibah pariwisata mengembalikan sisa dana hibah tak terserap. Meski tidak terlalu banyak, dana yang dikembalikan mencapai ratusan juta rupiah ke kas daerah. "Total nilai hibah pariwisata yang tidak terserap sebenarnya tidak terlalu banyak, yaitu Rp178,9 juta," terang Kadri.

Advertisement

Berdasarkan catatan yang ada, sebanyak 273 hotel dan restoran di Kota Jogja menerima bantuan dana hibah pariwisata dan 15 penerima yang mengembalikan sisa dana tak terserap. Namun Kadri mencatat dari jumlah 15 penerima hibah yang mengembalikan dana, dua di antaranya menyetor kembali dana hibah dengan nominal yang cukup tinggi.

Dua penerima hibah mengembalikan dana tak terserap dengan nominal sebesar Rp96 juta dan Rp61 juta. Disebutkan Kadri dana tersebut dikembalikan karena penerima tak mampu memanfaatkannya. "Mereka tidak memanfaatkan dana tersebut, selebihnya sisa dana hibah yang dikembalikan oleh masing-masing penerima tidak terlalu besar," terangnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement