Advertisement

Kampus di Jogja Masih Kuliah Daring, Nasib SMA/SMK Bakal Sama

Lugas Subarkah
Selasa, 05 Januari 2021 - 15:07 WIB
Bhekti Suryani
Kampus di Jogja Masih Kuliah Daring, Nasib SMA/SMK Bakal Sama Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Meski Pemda DIY telah mengizinkan pembelajaran tatap muka terbatas untuk Perguruan Tinggi (PT) mulai Januari ini, sejauh ini belum ada PT yang sudah melaksanakannya. Pelaksanaan tatap muka terbatas tingkat PT ini akan dijadikan pertimbangan untuk tatap muka di tingkat bawahnya.

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) DIY, Didik Wardaya, mengungkapkan pihaknya belum mendapat laporan ada PT yang memulai pembelajaran tatap muka. “Baru UMY [tatap muka] prakteknya, tapi untuk teori masih daring semua,” ujarnya, Selasa (4/1.2020).

Advertisement

kebijakan tatap muka bagi PT hanya sebatas mengizinkan, sehingga keputusan untuk memulainya tergantung pada kebijakan masing-masing pimpinan PT dan bisa saja waktunya berbeda. Jika sudah ada PT yang melaksanakan tatap muka, pada minggu ketiga akan dievaluasi pelakanaannya.

BACA JUGA: 26.800 Vaksin Covid-19 Sudah Tiba di Jogja

Evaluasi ini akan dijadikan bahan pertimbangan untuk pelaksanaan tatap muka di tingkat bawahnya, yakni SMA dan SMK. Pihaknya juga berencana untuk menunjuk sejumlah sekolah untuk melakukan simulasi pembelajaran tatap muka sebelum dilaksanakan di semua sekolah.

“Berapa sekolah percontohan satu SMA atu SMK di masing-masin kabupaten. Kami pun lihat status zonasi, dipilih yang tidak merah. Beberapa usulan sudah ada tapi belum kami sampaikan, kami lihat zona di masing-masing sekolah,” katanya.

Sekda DIY, Kadarmanta Baskara Aji, menuturkan jika belum ada PT yang memulai pembelajaran tatap muka, maka tingkat di bawahnya pun belum akan melaksanakan karena belum ada hasil evaluasi yang dijadikan pertimbangan.

“Kalau di atasnya belum, di bawahnya belum. Tapi kalau lihat situasi yang seperti ini sepertinya kami belum rekomended. Lihat hasil evaluasi yang dewasa. Kesepakatan [sekolah] baru akan dilaksanakan kalau evaluasi yang dewasa sudah tidak ada masalah,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Prabowo Gibran Membutuhkan NU untuk Membangun Bangsa

News
| Minggu, 28 April 2024, 18:57 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement