Ribuan Tenaga Kesehatan di Kulonprogo Bakal Terima Vaksin Covid-19

Ilustrasi. - Freepik
05 Januari 2021 07:17 WIB Jalu Rahman Dewantara Kulonprogo Share :

Harianjogja.com, KULONPROGO- Dinkes Kulonprogo saat ini masih dalam proses pendataan terkait dengan vaksinasi tenaga kesehatan (nakes). Adapun pendataan sementara ada sekitar 3.000 nakes yang bakal mendapat imunisasi tersebut.

"Saat ini kami baru melakukan pendataan, sekitar 3.000-an nakes yang sudah terdata untuk mendapatkan vaksinasi ini, jumlahnya kemungkinan bisa berubah mengingat proses ini masih terus berlangsung," kata Kepala Dinas Kesehatan Kulonprogo, Sri Budi Utami, Senin (4/1/2021).

Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kulonprogo, Baning Rahayujati memastikan Kulonprogo telah siap dalam melaksanakan vaksinasi Covid-19. Seluruh sumber daya baik itu dari tenaga kesehatan maupun sarana prasarana penunjang imunisasi telah dicek dan dinilai sudah cukup baik.

Baca juga: Vaksin Covid-19 Sudah Disebar sebelum Izin BPOM Keluar, Ini Penjelasannya

Baning mengatakan untuk nakes yang nantinya bertugas melakukan vaksinasi sebanyak 1.162 orang, terdiri dari 374 perawat dan bidan di 22 puskesmas dan sisanya adalah nakes dari rumah sakit dan klinik swasta di Kulonprogo. Sebelumnya sebanyak 50 perwakilan nakes dari fasilitas layanan kesehatan milik pemerintah di kabupaten ini telah diikutkan dalam pelatihan yang digelar Kementrian Kesehatan.

"Dalam pelatihan itu mereka mendapat materi tentang teknik vaksinasi, penyimpanan vaksin, distribusi, penentuan sasaran, skrining dan sebagainya," ujar dia.

Baca juga: Bantah Kabar Kondisi Kritis, Keluarga Pastikan Kesehatan Syekh Ali Jaber Membaik

Adapun dari segi sarpras penunjang vaksinasi, Baning memastikan mulai dari penyimpanan sampai sarana distribusi vaksin telah tersedia dan cukup untuk kelancaran program tersebut.

"Dengan situasi bahwa vaksin ini datang tidak secara bersamaan, maka evaluasi kami untuk Kulonprogo telah siap menerima. Baik di gudang farmasi yang ada di Dinkes maupun yang ada di Puskesmas, itu cukup dan layak untuk menyimpan vaksin dalam kondisi baik. Artinya semua masih bisa digunakan pada suhu antara 2-8 Drajat Celcius," ujarnya.