Wisatawan Keluhkan Sempitnya Jalur ke Pantai Kesirat

Sebuah mobil harus berhenti dahulu untuk bisa masuk menuju kawasan Pantai Kesirat, Kalurahan Girikarto, Panggang. Sempitnya jalur membuat kendaraan roda empat kesulitan untuk berpapasan dengan kendaraan yang lain. Foto diambil akhir pekan lalu. - Harian Jogja/David Kurniawan.
11 Januari 2021 09:17 WIB David Kurniawan Gunungkidul Share :

Harianjogja.com, PANGGANG – Pantai Kesirat menjadi salah satu destinasi unggulan di Kalurahan Girikarto, Panggang. Meski demikian, akses ke pantai dikeluhkan karena jalurnya terlalu sempit sehingga susah untuk simpangan kendaraan roda empat.

Salah seorang wisatawan asal Sukoharjo, Jawa Tengah, Heri Kristanto mengatakan, Pantai Kesirat memiliki pemandangan yang indah bisa melihat lautan luas dari atas tebing. Sedangkan di sore hari, pada saat cuaca cerah bisa melihat matahari terbenam di laut.

BACA JUGA : Mulai Malam Ini Pukul 18.00 WIB Wisata Pantai Lockdown

Selain itu, di kawasan ini juga menyediakan tempat-tempat berfoto yang menarik yang bisa dimanfaatkan pengunjung. Meski demikian, lanjut dia, ada beberapa fasilitas yang perlu dibenahi karena di pantai ini masih susah sinyal. Sedangkan untuk akses juga butuh perbaikan karena jalurnya masih telalu sempit sehingga tidak bisa simpangan kendaraan roda empat.

“Kalau jalannya sudah aspal semua hingga ke pantai. Tapi, ruasnya sangat sempit,” kata Heri di akhir pekan lalu.

Saking sempitnya ruas jalan, pada saat berangkat maupun pulang dari pantai harus lebih waspada karena untuk mengindari simpangan dengan kendaraan lain. Ia pun mengaku beberapa kali harus berpapasan dengan pengunjung lainnya.

“Untungnya ada lahan yang dipersiapkan warga sehingga bisa simpangan. Kalau hanya sesuai dengan ruas jalan, maka tidak sulit untuk berpapasan dengan mobil lain,” ujarnya.

BACA JUGA : Wisata Pantai Gunungkidul Dipadati Pengunjung, Jaga Jarak

Keluhan yang sama disuarakan oleh Suprapti, wisatawan asal Wonogiri, Jawa Tengah. Menurut dia, saking sempitnya jalur terpaksa harus mundur beberapa meter untuk bisa berpapasan dengan mobil lain. “Kami tidak tahu dari arah pantai ada mobil yang keluar. Saya pun mundur ke lokasi yang agak luas agar bisa bisa untuk papas an,” katanya.

Suprapti menuturkan apabila ada perluasan jalan, maka akan sangat membantu wisatawan yang berkunjung ke Pantai Kesirat. “Jangankan untuk bus, mobil saja sulit berpapasan. Saya yakin kalau akses diperlebar maka pantai ini semakin dikenal oleh pengunjung,” katanya.

Lurah Girikarto, Kapanewon Panggang, Tuyadi mengatakan, Pantai Kesirat sudah mulai banyak dikunjungi wisatawan. Menurut dia, upaya meningkatkan akses menuju pantai sudah dilakukan dengan cara pengaspalan jalur. Hanya saja, upaya tersebut masih butuh peningkatan karena jalan masih terlau sempit sehingga susah untuk papasan kendaraan roda empat.

BACA JUGA : Tiket Masuk Wisata Pantai Gunungkidul Bakal Mulai Gunakan

Meski demikian, sambung dia untuk pelebaran butuh perhatian dari Pemkab Gunungkidul. “Ya kalau kami di kalurahan jelas tidak kuat karena ada warga yang meminta ganti untung untuk pelebaran.  Semoga ada perhatian dari pemkab untuk membantu dalam meningkatkan sarana prasarana pendukung di kawasan Pantai Kesirat,” katanya.