Pimpinan DPRD DIY Tak Hadiri Vaksinasi, Ini Tanggapan Kepala Dinkes DIY

Ilustrasi. - Reuters
15 Januari 2021 08:17 WIB Lugas Subarkah Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA-- Kick off vaksinasi dilakukan serentak di seluruh daerah di Indonesia pada Kamis (14/1), sehari setelah vaksinasi perdana oleh Presiden Joko Widodo. Di DIY, sebanyak 15 pimpinan Pemda DIY dan tokoh masyarakat divaksin untuk mengawali vaksinasi tahap pertama. Namun salah satu nama yaitu Suharwanta yang juga Wakil Ketua DPRD DIY tidak hadir dalam kesempatan itu.

Kepala Dinas kesehatan DIY, Pembajun Setyaningastutie, menjelaskan vaksinasi diberikan dalam dua kali penyuntikan dengan jarak 14 hari. Maka setelah penyuntikan pertama ini, 14 hari kemudian 15 tokoh ini akan kembali disuntik. Pihaknya akan mengupayakan agar di penyuntikan kedua dapat bersamaan lagi seperti penyuntikan pertama.

BACA JUGA : Sleman Terima 12.342 Dosis Vaksin Covid-19 Rabu Besok

Ia mengungkapkan untuk kick off vaksinasi ini sebenarnya pihaknya mengundang 16 tokoh, namun satu orang tidak hadir yakni Wakil Ketua DPRD DIY, Suharwanta. “Satu yang kami sayangkan beliau tidak bisa hadir dari DPRD DIY. kebetulan beliau berhalangan. Tapi kami sudah undang, nanti di tahap berikutnya. Kami menghubungi terakhir beliau alasannya sakit,” katanya Kamis (14/1/2021).

Saat dihubungi, Suharwanta mengatakan saat ini dirinya sedang dalam kondisi sakit sehingga tidak memungkinkan untuk mengikuti vaksinasi. Ia menceritakan pada hari Selasa (12/1) mendadak ada keperluan di Jakarta dan baru pulang ke Jogja Kamis (14/1) pagi dalam kondisi kurang sehat dan butuh istirahat.

BACA JUGA : Suharwanta Tak Hadir saat Vaksinasi, Ini Penjelasan Pimpinan DPRD DIY

“Dengan sangat menyesal saya putuskan untuk tidak mengikuti vaksinasi. Sebenarnya saya sangat antusias mengikuti vaksinasi perdana ini untuk mendukung program vaksinasi agar pandemi covid-19 segera berakhir, tapi situasi dan kondisi  memaksa saya untuk tidak mengikuti. Saya mohon maaf ke semua pihak atas keadaan ini,” katanya.