Antisipasi Kerumunan, Pol PP Kulonprogo Pantau Penyaluran BST

Personil Satpol PP Kulonprogo saat melakukan pemantauan penyaluran BST di salah satu Kantor Pos di Kulonprogo, Jumat (15/1/2021). - ist
15 Januari 2021 16:27 WIB Jalu Rahman Dewantara Kulonprogo Share :

Harianjogja.com, KULONPROGO--Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Kulonprogo melakukan pemantauan dalam penyaluran Bantuan Sosial Tunai (BST) tahap X 2021 di seluruh Kantor Pos di Bumi Menoreh, Jumat (15/1/2021). Hasil pemantauan, proses penyaluran disebut berjalan lancar dan tetap mematuhi protokol kesehatan.

"Dari sejumlah kantor pos yang disambangi sebagian besar sudah tertib, terukur dan terkendali, walaupun masih dijumpai ada yang belum maksimal dalam pemberlakuan penggunaan thermogun karena keterbatasan petugas," kata Sekretaris Satpol PP Kulonprogo, Hera Suwanto, kepada awak media, Jumat (15/1/2021).

Dalam pelaksanaan pemantauan ini, Tim Satpol PP melibatkan linmas inti yang dibagi menjadi tiga kelompok. Masing-masing kelompok memantau empat kantor pos di empat kapanewon, yaitu Lendah, Nanggulan, Samigaluh dan Kalibawang.

Baca juga: : VSultanaksin Covid-19 Aman & Halal, Masyarakat Tak Perlu Ragu

"Terpantau Kantor Pos dalam melayani penyaluran BST sudah menerapkan prokes, sebelum masuk penerima BST diwajibkan cuci tangan, pengecekan suhu tubuh dan tempat duduk ruang tunggu di beri jarak satu meter," ujarnya.

Selain memantau, petugas juga mengimbau Kantor Pos agar mengetatkan prokes. Jarak tempat duduk maupun penyesuaian kuota calon penerima disesuaikan dengan kapasitas ruang tempat agar tidak menimbulkan kerumunan.

Penyaluran BST dari Kementerian Sosial ini diberikan kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Mereka menerima uang sejumlah Rp300.000 mulai Januari hingga April 2021. Adapun teknis penyaluran di Kantor Pos dimulai dari mengambil nomor antrian, registrasi data penerima kemudian dilanjutkan pencairan.