Talut Ruas Jalan Wunut Ambles, Sementara Akan Dipasang Bronjong

Ruas jalan di Dusun Wunut Desa Sriharjo, Imogiri ambles. - Ist/dok Pemerintah Kalurahan Sriharjo, Imogiri
17 Januari 2021 18:57 WIB Jumali Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL - Hujan yang turun dengan intensitas tinggi beberapa waktu terakhir telah memicu talut ruas jalan di Dusun Wunut Desa Sriharjo, Imogiri ambles.

Padahal, jalan yang mengalami ambles tersebut merupakan jalur yang selama ini digunakan oleh pengunjung untuk berwisata di tempat tersebut.

Lurah Sriharjo Kapanewon Imogiri, Titik Istiwayatun Khasanah mengatakan, badan jalan yang mengalami ambles dan longsor ada sekitar lima belas meter. Badan jalan tersebut mengalami ambles setelah talud di tepian Sungai Oya tersebut tergerus air. Selain itu, bronjong di sisi timur juga terancam longsor.

“Kami sudah lapor dan sudah dilakukan peninjauan dari BPBD Bantul. Sementara akan dibronjong, agar tidak meluas,” terang Titik, Minggu (17/1/2021).

Selain membronjong badan jalan yang ambles dan longsor, Titik mengungkapkan, Pemkab Bantul melalui BPBD dipastikan akan mengajukan perbaikan di APBD Perubahan 2021 untuk kawasan tersebut. Sebab, kawasan tersebut dinilai vital karena selama ini diakses oleh warga yang akan berwisata.

“Harapan kami di perubahan nanti bisa dianggarkan. Sementara memang dibronjong lebih dulu,” papar Titik.