Advertisement

Tol Jogja-Bawen Resmi Dipatok, Ini Kata Sultan

Abdul Hamied Razak
Selasa, 19 Januari 2021 - 19:57 WIB
Bhekti Suryani
Tol Jogja-Bawen Resmi Dipatok, Ini Kata Sultan Proses pemasangan patok Jalan Tol Jogja-Bawen dilakukan secara simbolis diawali dengan pengecoran semen oleh Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X dan Bupati Sleman, Sri Purnomo di Selatan SMPN 2 Tempel, Selasa (19/1/2021)-Harian Jogja - Abdul Hamid Razak

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN--Jalan tol Jogja-Bawen resmi dipatok pada Selasa (19/1/2021).

Gubernur DIY Sri Sultan HB X mengatakan pembangunan jalan tol di Jogja [tol Jogja-Bawen dan Jogja-Solo] selain mempermudah konektivitas dan mengurangi biaya transaksi diharapkan juga dapat meningkatkan pendapatan masyarakat sekaligus mengurangi kesenjangan pendapatan antar-wilayah.

Advertisement

"Pembangunan jalan tol ini diharapkan bisa memperluas lapangan kerja, pembelanjaan pembelian lahan warga terdampak diharapkan digunakan untuk usaha produktif," kata Sultan, Selasa.

Menurut Sultan, pembangunan jalan tol Jogja-Solo sudah didiskusikan sejak 1990-an. Ketika itu yang banyak dibicarakan adalah hambatan teknis dan kendala sosial. Sebab saat itu di Kapanewon Prambanan terlalu banyak peninggalan kuno, bagian dari Candi Prambanan sehingga tidak mungkin dilewati. "Ketika jalan tol Jawa Tengah dan DIY ditandatangani sebagai Perpres Proyek Strategis Nasional, maka segala rintangan bisa ditangani dengan baik dan saling menguntungkan. Termasuk juga dukungan masyarakat.

"Jalan tol yang akan dibangun terbagi menjadi enam seksi yang menyatukan kawasan Jogja, Solo dan Semarang (Joglosemar). Dengan adanya infrastruktur jalan tol ini diharapkan akan meningkatkan pendapatan masyarakat," kata Sultan.

Sesuai pesan kepala BPJP Kementerian PUPR RI, tol Jogja harus memiliki aspek estetik dan menyesuaikan geomorfologi wilayah. Maka, trase didesain dengan hati-hati serta sebelum 2024 diharapkan sudah bisa digunakan. "Karena masa pandemi Covid-19 pembangunannya diharapkan tetap mematuhi protokol kesehatan. Pembangunan ini diharapkan menjadi salah satu upaya pemulihan ekonomi DIY,” lanjut dia

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pilpres 2024 Usai, Anis Ajak Masyarakat Aceh Lanjutkan Perjuangan Perubahan

News
| Jum'at, 03 Mei 2024, 21:37 WIB

Advertisement

alt

Jadwal Agenda Wisata Jogja Sepanjang Bulan Mei 2024, Ada Pameran Buku Hingga Event Lari

Wisata
| Rabu, 01 Mei 2024, 17:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement