Ikut Percepat Penanganan Covid-19, Polda DIY Dorong Anggota Polri Donor Plasma Konvalesen

Polda DIY mengadakan sosialisasi donor plasma konvalesen di Mapolda DIY pada Jumat (29/1/2021). - Ist/Polda DIY
29 Januari 2021 14:27 WIB Sirojul Khafid Sleman Share :

Harianjogja.com, SLEMAN—Donor plasma konvalesen manjadi salah satu cara untuk mempercepat penyembuhan Covid-19 pada pasien. Hal ini disampaikan oleh Kapolda DIY Irjen Pol. Asep Suhendar dalam sosialisasi donor konvalesen.

Bidang Kedokteran dan Kesehatan (Biddokkes) Polda DIY bekerja sama dengan Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Dr. Sardjito menggelar sosialisasi donor plasma konvalesen dan pengambilan sampel darah kepada para penyintas Covid-19 personel Polri dan PNS Satker Mapolda DIY, Jumat (29/1/2021).

Dalam sambutan Kapolda DIY yang dibacakan oleh Wakapolda DIY Brigjen Pol. R. Slamet Santoso, Kapolda DIY menyebut donor plasma konvalesen bertujuan untuk menurunkan angka kematian akibat Covid-19 dan meningkatkan angka kesembuhan penderita Covid-19.

“Polri berkewajiban melaksanakan upaya persuasif dalam bentuk memberikan edukasi imbauan kepada seluruh lapisan masyarakat," kata Irjen Pol. Asep Suhendar dalam keterangan tertulis dari Humas Polda DIY pada Jumat (29/1/2021).

Peningkatan kasus Covid-19 di DIY juga cukup signifikan. Kasusnya beragam, dari yang tanpa gejala sampai berstatus berat. "Oleh karena itu sangat diperlukan kepedulian dan kerjasama kita semua dalam upaya mencegah serta memutus rantai penyebaran Covid-19," kata Irjen Pol. Asep Suhendar.

Polda DIY berharap donor plasma konvalesen menjadi salah satu cara agar penyembuhan pasien Covid-19 meningkat.

Sementara, Kepala Departemen Patologi Klinik dan Kedokteran Laboratorium Rumah Sakit Umum Pusat Dr. Sardjito, Dokter Teguh Triyono sebagai narasumber.

Menurut Teguh, Covid-19 adalah penyakit baru dan belum ada standar tertentu dalam proses penyembuhannya. Berdasarkan hal itu, tenaga kesehatan masih banyak mencari alternatif penyembuhan-penyembuhan sebagai terapi tambahan.

"Salah satunya adalah pemberian plasma konvalesen. Harapannya, dengan pemberian plasma konvalesen kepada pasien covid-19 adalah untuk meningkatkan tingkat kesembuhan pasien Covid 19," kata Teguh.