Advertisement

Ikut Percepat Penanganan Covid-19, Polda DIY Dorong Anggota Polri Donor Plasma Konvalesen

Sirojul Khafid
Jum'at, 29 Januari 2021 - 14:27 WIB
Budi Cahyana
Ikut Percepat Penanganan Covid-19, Polda DIY Dorong Anggota Polri Donor Plasma Konvalesen Polda DIY mengadakan sosialisasi donor plasma konvalesen di Mapolda DIY pada Jumat (29/1/2021). - Ist/Polda DIY

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Donor plasma konvalesen manjadi salah satu cara untuk mempercepat penyembuhan Covid-19 pada pasien. Hal ini disampaikan oleh Kapolda DIY Irjen Pol. Asep Suhendar dalam sosialisasi donor konvalesen.

Bidang Kedokteran dan Kesehatan (Biddokkes) Polda DIY bekerja sama dengan Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Dr. Sardjito menggelar sosialisasi donor plasma konvalesen dan pengambilan sampel darah kepada para penyintas Covid-19 personel Polri dan PNS Satker Mapolda DIY, Jumat (29/1/2021).

Advertisement

Dalam sambutan Kapolda DIY yang dibacakan oleh Wakapolda DIY Brigjen Pol. R. Slamet Santoso, Kapolda DIY menyebut donor plasma konvalesen bertujuan untuk menurunkan angka kematian akibat Covid-19 dan meningkatkan angka kesembuhan penderita Covid-19.

“Polri berkewajiban melaksanakan upaya persuasif dalam bentuk memberikan edukasi imbauan kepada seluruh lapisan masyarakat," kata Irjen Pol. Asep Suhendar dalam keterangan tertulis dari Humas Polda DIY pada Jumat (29/1/2021).

Peningkatan kasus Covid-19 di DIY juga cukup signifikan. Kasusnya beragam, dari yang tanpa gejala sampai berstatus berat. "Oleh karena itu sangat diperlukan kepedulian dan kerjasama kita semua dalam upaya mencegah serta memutus rantai penyebaran Covid-19," kata Irjen Pol. Asep Suhendar.

Polda DIY berharap donor plasma konvalesen menjadi salah satu cara agar penyembuhan pasien Covid-19 meningkat.

Sementara, Kepala Departemen Patologi Klinik dan Kedokteran Laboratorium Rumah Sakit Umum Pusat Dr. Sardjito, Dokter Teguh Triyono sebagai narasumber.

Menurut Teguh, Covid-19 adalah penyakit baru dan belum ada standar tertentu dalam proses penyembuhannya. Berdasarkan hal itu, tenaga kesehatan masih banyak mencari alternatif penyembuhan-penyembuhan sebagai terapi tambahan.

"Salah satunya adalah pemberian plasma konvalesen. Harapannya, dengan pemberian plasma konvalesen kepada pasien covid-19 adalah untuk meningkatkan tingkat kesembuhan pasien Covid 19," kata Teguh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Satuan Pendidikan Diwajibkan Memperhatikan Kebutuhan Siswa dengan Kondisi Khusus

News
| Jum'at, 26 April 2024, 10:57 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement