Advertisement

KRL Layani Jogja-Solo, KA Prameks Pindah Layani Rute Jogja-Kutoarjo

JIBI
Jum'at, 05 Februari 2021 - 08:17 WIB
Nina Atmasari
KRL Layani Jogja-Solo, KA Prameks Pindah Layani Rute Jogja-Kutoarjo  Kondisi lengang di dalam gerbong KA Prameks tujuan Solo - Jogja, Sabtu (21/3/2020). - Solopos/Farida Trisnaningtyas

Advertisement


Harianjogja.com, SOLO – KRL Jogja-Solo akan mulai beroperasi Rabu (10/2/2021) mendatang. KA Prambanan Ekspres alias Prameks pun bakal pensiun melayani penumpang rute tersebut.

Kereta rel diesel ini tetap beroperasi, namun relasinya berubah menjadi Kutoarjo – Jogja PP dengan jumlah delapan perjalanan.

“KA Prambanan Ekspres juga tetap hadir melayani para pengguna setianya di Jogja- Kutoarjo," jelas Direktur Utama PT Kereta Commuter Indonesia (KAI Commuter), Wiwik Widayanti, Kamis (4/2/2021).

Baca juga: Ada Kerusakan Plataran Tugu Pal Putih, Forpi Minta Dinas PUPKP Telusuri Penyebabnya

Advertisement

Waktu tempuh KA Prameks ini sekitar 75 menit yang melayani naik dan turun penumpang di lima stasiun, yaitu Jogja, Wates, Wojo, Jenar, dan Kutoarjo.

Tarif  KA Prameks rute Kutoarjo - Jogja sama seperti relasi Solo-Jogja, yakni Rp8.000 per orang sekali jalan. Adapun cara pembeliannya melalui aplikasi KAI Access seperti yang selama ini dilakukan.

Baca juga: Kasus Covid-19 di Inggris Melandai Setelah 10 Juta Orang Divaksin

Dikutip dari berbagai sumber, KA Prameks adalah kereta lokal yang melayani rute Solo-Jogja sejak 1960-an. Awalnya KA ini bernama Kuda Putih karena di kepalanya ada lambang dua ekor kuda berbentuk hiasan kupu-kupu di kabin masinis.

Kereta bernomor seri MCDW 300 itu diproduksi di Jerman sebanyak tujuh unit. KA Prameks diluncurkan kali pertama pada 20 Mei 1994.

Perjalanan Prameks tidak langsung sukses. Bahkan sempat hendak ditutup karena sepi penumpang. Tapi belakangan KA tersebut justru menjadi favorit masyarakat sebagai sarana transportasi yang murah meriah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Solopos.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Selebgram Ini Bagikan Kondisi Putrinya yang Masih Balita Dianiaya oleh Pengasuh

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 22:37 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement