KRL Layani Jogja-Solo, KA Prameks Pindah Layani Rute Jogja-Kutoarjo

Kondisi lengang di dalam gerbong KA Prameks tujuan Solo - Jogja, Sabtu (21/3/2020). - Solopos/Farida Trisnaningtyas
05 Februari 2021 08:17 WIB JIBI Jogja Share :


Harianjogja.com, SOLO – KRL Jogja-Solo akan mulai beroperasi Rabu (10/2/2021) mendatang. KA Prambanan Ekspres alias Prameks pun bakal pensiun melayani penumpang rute tersebut.

Kereta rel diesel ini tetap beroperasi, namun relasinya berubah menjadi Kutoarjo – Jogja PP dengan jumlah delapan perjalanan.

“KA Prambanan Ekspres juga tetap hadir melayani para pengguna setianya di Jogja- Kutoarjo," jelas Direktur Utama PT Kereta Commuter Indonesia (KAI Commuter), Wiwik Widayanti, Kamis (4/2/2021).

Baca juga: Ada Kerusakan Plataran Tugu Pal Putih, Forpi Minta Dinas PUPKP Telusuri Penyebabnya

Waktu tempuh KA Prameks ini sekitar 75 menit yang melayani naik dan turun penumpang di lima stasiun, yaitu Jogja, Wates, Wojo, Jenar, dan Kutoarjo.

Tarif  KA Prameks rute Kutoarjo - Jogja sama seperti relasi Solo-Jogja, yakni Rp8.000 per orang sekali jalan. Adapun cara pembeliannya melalui aplikasi KAI Access seperti yang selama ini dilakukan.

Baca juga: Kasus Covid-19 di Inggris Melandai Setelah 10 Juta Orang Divaksin

Dikutip dari berbagai sumber, KA Prameks adalah kereta lokal yang melayani rute Solo-Jogja sejak 1960-an. Awalnya KA ini bernama Kuda Putih karena di kepalanya ada lambang dua ekor kuda berbentuk hiasan kupu-kupu di kabin masinis.

Kereta bernomor seri MCDW 300 itu diproduksi di Jerman sebanyak tujuh unit. KA Prameks diluncurkan kali pertama pada 20 Mei 1994.

Perjalanan Prameks tidak langsung sukses. Bahkan sempat hendak ditutup karena sepi penumpang. Tapi belakangan KA tersebut justru menjadi favorit masyarakat sebagai sarana transportasi yang murah meriah.

Sumber : Solopos.com