Ini Pesan Jokowi untuk 5 Gubernur Termasuk DIY Terkait Tingginya Kasus Covid-19

Presiden Joko Widodo (kanan) didampingi Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin meninjau pelaksanaan Vaksinasi Massal bagi tenaga kesehatan dosis pertama vaksin Covid-19 Sinovac di Istora Senayan, Jakarta, Kamis (4/2/2021). - Antara
05 Februari 2021 09:37 WIB Newswire Jogja Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengungkap pembicaraannya dengan lima gubernur terkait penanganan Covid-19 dan ingin memperkuat kegiatan pada dua hal pokok.

"Kemarin saya bertemu dengan gubernur DKI Jakarta, gubernur DI Yogyakarta, gubernur Jawa Barat, gubenur Jawa Tengah dan gubernur Bali dalam rangka kita mengefektifkan pembatasan kegiatan masyarakat. Jadi, saya sampaikan pentingnya dua hal yang di lapangan ini kita kemarin di lapangan kurang," kata Jokowi di Jakarta, Kamis (4/2/2021).

BACA JUGA : Sultan Putuskan Perpanjang Status Tanggap Darurat Covid-19 di DIY

Sebelumnya, dalam rapat terbatas pada 29 Januari 2021 di Istana Presiden di Bogor, Jokowi menilai Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) pada 11-25 Januari 2021 tidak efektif, karena mobilitas masyarakat masih tinggi, sehingga angka paparan Covid-19 di beberapa provinsi tetap tinggi. Justru pada saat itu, belasan ribu sehari kasus baru Covid-19.

"Artinya kita ingin memperkuat kegiatan-kegiatan di lapangan, sehingga saya sampaikan pembatasan kegiatan masyarakat di tingkat mikro, di tingkat kampung, desa, RW, RT itu penting. Kuncinya di situ," kata dia.

Pembatasan di level mikro itu yang menurut Jokowi menjadi tugas kepala daerah untuk dikerjakan.

"Kemudian yang kedua, yang tidak kalah pentingnya dari sisi pemerintah yaitu testing, tracing, dan treatment. Artinya, kalau tes Covid-19 sudah dilakukan dan ketahuan segera dilacak paling tidak 30 orang yang kontak dengan orang ini, harus dilacak dan kalau sudah ketemu segera dilakukan isolasi itu yang saya tekankan," katanya.

BACA JUGA : Covid-19 di DIY Masih Meroket, Sultan: Rasah Nonggo, Rasah Ngobrol!

Kedua hal itu yang ditekankan Jokowi kepada kelima gubernur.

"Jadi dua itu tadi, lapangan diperkuat, kemudian 3T juga diperkuat lagi, tapi juga jangan lupa mengingatkan 3M kepada masyarakat memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan, saya kira itu poin pertemuan dengan lima gubernur kemarin," tukas Jokowi.

Kemarin, Kamis (4/2/2021), kasus Covid-19 di Indonesia bertambah 11.434 orang, sehingga total kasus mencapai 1.123.105 orang.

Pasien yang dinyatakan sembuh bertambah 11.641 orang menjadi 917.306 orang dan pasien meninggal dunia bertambah 231 orang sehingga totalnya 31.001 orang telah meninggal.

 

Sumber : Antara