Advertisement

Waspada! Gelombang Laut Selatan DIY Diperkirakan Capai 4 Meter

Sunartono
Sabtu, 06 Februari 2021 - 08:17 WIB
Sunartono
Waspada! Gelombang Laut Selatan DIY Diperkirakan Capai 4 Meter Ilustrasi gelombang di pantai. - JIBI

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Masyarakat yang berada di Kawasan Pantai Selatan hendaknya meningkatkan kewaspadaan. Mengingat Badan Meteorologi Geofisik (BMKG) mengeluarkan peringatan dini gelombang tinggi yang diperkirakan mencapai 4 meter di sepanjang perairan selatan, salah satunya wilayah DIY, Sabtu (6/2/2021).

Berdasarkan informasi yang diunggah di twitter @StaklimJogja, surat berisi tentang peringatan dini gelombang tinggi itu dikeluarkan oleh BMKG Stasiun Meteorologi Tunggul Wulung Cilacap. Edaran terkait prakiraan cuaca wilayah perairan ini berlaku hingga Sabtu (6/2/2021) malam pukul 19.00 WIB.

Advertisement

BACA JUGA : Waspada, Gelombang Tinggi Diperkirakan Terjadi di Pantai

“Prakiraan Cuaca Wilayah Perairan dan Samudera Hindia Selatan Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Yogyakarta. Berlaku Mulai Besok Pagi Pukul 07.00 WIB sampai Besok Malam Pukul 19.00 WIB.” cuit akun @StaklimJogja Jumat (5/2/2021) malam.

Dalam surat tersebut disampaikan terkait kondisi singkat bahwa perairan dan Samudera Hindia Selatan Jawa Barat, Jawa Tengah dan DIY umumnya berpotensi hujan ringan. Angin umumnya bertiup dari arah barat daya hingga barat laut dengan kecepatan berkisar antara 4 sampai 20 knot. Tinggi gelombang laut berkisar antara 1,5 meter hingga 5 meter.

Adapun perairan yang diperkirakan terjadi gelombang tinggi dengan perkiraan 2,5 meter hingga 4 meter antara lain perairan Sukabumi-Cianjur, Perairan Garut-Pangandaran, Perairan Cilacap, Perairan Kebumen-Purworejo dan Perairan DIY. Ketujuh wilayah perairan ini diperkirakan terjadi hujan sedang dengan kecepatan angin antara 2 knot hingga 20 knot dan termasuk kategori gelombang sedang. Perairan DIY atau Kawasan pantai selatan DIY masuk kategori tinggi dengan prediksi gelombang antara 2,5 meter sampai 4 meter dan kecepatan angin berkisar 4 knot hingga 15 knot.

BACA JUGA : Awas! Gelombang Tinggi Diperkirakan Terjadi di Pantai

Sedangkan untuk Samudera Hindia selatan Jawa Barat dan Samudera Hindia selatan Jawa Tengah masuk kategori sangat tinggi dengan perkiraan antara 4 meter hingga enam meter.

BMKG memberikan keterangan akan terjadi gelombang kategori tinggi untuk dua wilayah perairan Samudera Hindia Jawa Barat dan Samudera Hindia selatan Jawa Tengah. Adapun gelombang kategori tinggi itu berkisar antara 2,5 meter hingga 4 meter. Adapun untuk perairan DIY kategori sedang dengan perkiraan antara 1,25 meter hingga 2,5 meter. Namun BMKG memberikan catatan gelombang maksimum bisa mencapai dua kali tinggi gelombang yang diperkirakan.

BACA JUGA : Gelombang Tinggi Diperkirakan Terjadi Selama 3 Hari

Sebelumnya BMKG juga mengeluarkan peringatan dini untuk periode Jumat (5/2/2021) pukul 19.00 WIB hingga Sabtu (6/2/2021) pukul 07.00 WIB. Dalam surat peringatan ini dinyatakan ada Perairan DIY juga masuk prediksi gelombang tinggi sekitar 4 meter.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Jadi Tersangka Korupsi, KPK Cekal Bupati Sidoarjo Pergi ke Luar Negeri

News
| Selasa, 16 April 2024, 13:57 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement