Hari Ini Diprediksi Hujan, Waspada Aliran Lahar Dingin dan Longsor!

Ilustrasi. - Freepik
10 Februari 2021 08:07 WIB Bernadheta Dian Saraswati Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA - Hujan yang mengguyur wilayah DIY sejak semalam, salah satunya di wilayah Sleman, diperkirakan masih akan terjadi hari ini, Rabu (10/2/2021).

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika memprediksi bahwa hari ini Rabu (10/2/2021), hampir seluruh wilayah di DIY mengalami hujan dan membawa dampak seperti gangguan lalu lintas karena jalan utama terjadi genangan air atau jalan ditutup.

"Dampak lain seperti terjadi kerusakan ringan pada tanggul sungai, terjadi aliran lahar dingin, terjadi longsor atau erosi tanah dalam skala menengah," tulis BMKG melalui Instagramnya @staklim_jogja yang dikutip Harianjogja.com, Rabu pagi.

Adapun wilayah yang terdampak di antaranya Kabupaten Sleman, meliputi Kapanewon Prambanan, Gamping, Depok, Mlati, Ngaglik, Sleman, Kalasan, Pakem, Cangkringan, Turi, Tempel, Moyudan, Minggi, Seyegan, Godean, Berbah, dan Ngemplak.

Untuk Kulonprogo meliputi Kapanewon Temon, Panjatan, Wates, Pengasih, kokap, Samigaluh, Girimulyo, Nanggulan, Sentolo, Kalibawang, Lendah, dan Galur.

Bantul meliputi Kapanewon Banguntapan, Bantul, Sewon, Kasihan, Sedayu, Pajangan.

dan Jota Jogja meliputi Kemantren Umbulharjo, Kotagede, Mergangsan, Pakualaman, Gondokusuman, Danurejan, Gondomanan, Kraton, Gedongtengen, Ngampilan, Wirobrajan, Mantrijeron, Tegalrejo, dan Jetis.

Sumber : Instagram