KABAR KAMPUS: Mahasiswa KKN UMY Latih UMKM Terkait Pemasaran Online

Pelatihan pemasaran online untuk UMKM yang digelar mahasiswa KKN UMY. - Ist.
13 Februari 2021 12:17 WIB Sunartono Bantul Share :

Harianjogja.com, JOGJA--Peran serta civitas akademika untuk ikut membantu mengatasi segala persoalan yang dihadapi masyarakat tentunya sangatlah bermanfaat. Baik itu melalui kegiatan pengabdian dosennya maupun kegiatan KKN mahasiswanya. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) termasuk salah satu perguruan tinggi yang juga ikut terlibat aktif dalam membantu dan memberikan edukasi kepada masyarakat dalam menghadapi masa pandemi ini, salah satunya melalui kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) berbasis IT, seperti yang dilakukan oleh kelompok KKN IT 042 UMY.

Kelompok KKN IT 042 UMY ini mengadakan pelatihan Pemanfaatan Digital Marketing Sebagai Sarana Promosi bersama mitra kelompok Bumdes serta UMKM di desa Pandes, Panggungharjo, Sewon, Bantul pada Sabtu (6/2) lalu yang digelar secara daring dan luring.

BACA JUGA : KKN UMY Tingkatkan Nilai Wisata Dusun Bendo

Dosen Pembimbing Lapangan KKN IT 042 UMY Arni Surwanti menjelaskan kegiatan pemanfaatan digital marketing ini merupakan salah satu program untuk membantu mitra dalam memaksimalkan pemasaran secara online untuk mencakup banyak pelanggan.

“Karena sampai saat ini Pandemi COVID -19 memang belum menunjukan kurva penurunan secara signifikan, namun semangat mereka untuk tetap mempertahankan usahanya harus tetap ada. Dengan memanfaatkan teknologi, maka mereka dapat menggunakan media tersebut dengan sebaik-baiknya pada sektor pemasaran mereka melalui sosial media," katanya dalam rilis yang diterima Sabtu (13/2/2021).

Menurutnya peserta Bumdes dan UMKM yang ikut serta dalam pelatihan tersebut menceritakan pengalaman mereka yang cukup sulit dalam mengembangkan usahanya akibat dampak dari adanya pandemi COVID-19. "Maka dari itu pelatihan ini juga ditujukan untuk pelaku usaha yang sedang membenahi usahanya agar tetap terus berjalan dan berkembang," katanya.

Adapun salah satu program yang di lakukan oleh KKN IT 042 UMY adalah memberikan pelatihan mengenai strategi memaksimalkan Sosial Media sebagai sarana pemasaran online. Selain menggunakan metode pemasaran secara online, Retno Widowati selaku pemateri mengungkapkan ketetekunan dan niat adalah kunci besar kesuksesan dalam hal marketing.

BACA JUGA : Beradaptasi di Era Digital, Pemuda Desa Samiran Boyolali

“Dalam mengelola suatu usaha dibutuhkan ketekunan dan niat yang kuat dalam kondisi apapun. Misalnya saja dalam menghadapi pandemi ini, walaupun penjualan berkurang namun, mereka bisa menggunakan media sosial untuk pemasaran,” ujarnya.