Malioboro Padat, 17 Orang Kedapatan Tak Bawa Surat Negatif Covid-19

Beberapa pengunjung Malioboro sedang melakukan kegiatan di kawasan pedestrian pada Minggu (14/2/2021). - Sirojul Khafid
14 Februari 2021 17:27 WIB Sirojul Khafid Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA– Kawasan Malioboro terpantau ramai pada libur panjang Imlek hari ini, Minggu (14/2/2021). Banyak pengunjung yang berkegiatan di area pedestrian Malioboro.

Walaupun ramai, para pengunjung masih memungkinkan untuk menjaga jarak. Tingkat kepadatan belum tergolong ekstrim.

Dari pantauan Harian Jogja di lapangan, pengunjung terlihat padat di area makan, depan Mal Malioboro, dan depan Pasar Beringharjo. Menurut Komandan Regu Jogoboro Anggoro, kepadatan Malioboro hari Minggu ini tergolong masih normal. “Kalau dibanding dengan akhir pekan biasa ada peningkatan,” kata Anggoro saat dihubungi secara daring pada Minggu (14/2/2021).

Dalam upaya menekan angka Covid-19, Pemerintah Kota Jogja melakukan pemeriksaan secara acak di tempat-tempat wisata. Wisatawan diwajibkan membawa surat keterangan negatif Covid-19. Menurut Wakil Walikota Heroe Poerwadi, pemeriksaan surat negatif Covid-19 sebagai tindak lanjut instruksi Kementerian Dalam Negeri dan Gubernur DIY.

“Bahwa setiap orang yang melakukan perjalanan antar daerah wajib menunjukkan dirinya sehat dengan menunjukkan hasil swab antigen atau GeNose atau PCR yang negatif. Sehingga pengurangan mobilitas sebagaimana dalam Pengetatan secara Terbatas Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro ini harus ditunjukkan dengan surat sehat dari Covid-19,” kata Heroe saat dihubungi secara daring apda Sabtu (13/2/2021).

Beberapa tempat yang menjadi target pemeriksaan acak yaitu Malioboro, Taman Sari, Gembira Loka, Alun-Alun Kidul, Tugu, dan lainnya. Dalam temuannya, ada beberapa rombongan kecil yang datang tidak membawa surat tanda negatif Covid-19. “Di Malioboro ada warga dari berbagai kota di Jawa Tengah dan Jakarta yang tidak bawa hasil swab antigen. Mereka diminta untuk segera masuk mobil untuk mendapatkan surat hasil swab antigen,” kata Heroe.

Para wisatawan yang tidak membawa surat keterangan negatif Covid-19 diminta cek di fasilitas kesehatan terdekat. Menurut Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Jogja Agus Winarto, ada 17 wisatawan yang terjaring tidak membawa surat keterangan negatif Covid-19 pada hari Sabtu (13/2/2021).

“Kami minta untuk keluar [dari Jogja]. Di Taman Sari ada lima, Malioboro lima, dan Gembira Loka tujuh.”