Taman Milenial di Bantul Akan Selesai dalam 3 Bulan, Ini Fasilitasnya

Rencana pembangunan Taman Milenial di Bantul. - Harian Jogja/Jumali
16 Februari 2021 14:07 WIB Jumali Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL—Pemkab Bantul menargetkan pembangunan Taman Milenial yang menempati eks lahan Komando Distrik Militer (Kodim) 0729 Bantul seluas 1.715 meter selesai dalam tiga bulan.

Selain akan dilengkapi sambungan internet tanpa kabel, taman yang merupakan ruang terbuka hijau (RTH) ini akan dilengkapi sejumlah fasilitas.

BACA JUGA: Baru 7 Kalurahan di Sleman yang Miliki Selter Covid-19

"Ada sports station di sana. Nanti bisa dimanfaatkan untuk bermain skateboard, sepeda BMX, sepatu roda, basket 3x3 dan ada fasilitas joging track," kata kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Bantul Ari Budi Nugroho, Selasa (16/2/2021).

Menurut dia, karena berada di dekat Taman Adipura, konsep pembangunan dari taman milenial akan langsung menyatu dengan Taman Adipura. Adapun besaran nilai proyek untuk Taman Milenial adalah 890 juta dari APBD Bantul.

"Untuk saat ini proses lelang tender masih jalan di LPSE," ungkap Ari.

Sekda Bantul Helmi Jamharis mengatakan proses pembangunan taman cukup banyak memakan waktu sebelum sampai pada tahap lelang tender.

Sebab, Pemkab Bantul harus melakukan perjanjian tukar guling dengan Kodim Bantul.

"Lokasi eks lahan Kodim akan dimanfaatkan menjadi RTH. Sementara Kodim butuh aula dan tempat serbaguna. Ini kami tanggapi, serta bisa diselesaikan bersama," kata Helmi.

BACA JUGA: Dirikan Selter Tingkat Kapanewon, Kalurahan Guwosari Gandeng UIN

Helmi mengungkapkan Pemkab Bantul akhirnya membantu pembangunan aula  di luas lahan 836 meter di kompleks Makodim Bantul dengan pagu mencapai Rp1,8 miliar.

"Pelaksanaan 3 bulan. Sebenarnya nilai ini sudah dianggarkan pada 2020, tapi karena ada refocusing, maka baru bisa direalisasikan saat ini," ucap Helmi.

Helmi berharap aula di kodim dan Taman Milenial akan memberi dampak yang optimal bagi semua pihak. Keberadaan Taman Milenial bisa menjadi sarana dan lokasi bagi warga Bantul untuk menikmati ruang terbuka hijau.

"Begitu juga dengan keberadaan gedung di kodim ini bisa dimaksimalkan," ucap Helmi.