Advertisement

Dinsos Jogja Usul Hapus 200 Lebih Penerima Bansos Selama Pandemi

Sirojul Khafid
Rabu, 17 Februari 2021 - 14:17 WIB
Budi Cahyana
Dinsos Jogja Usul Hapus 200 Lebih Penerima Bansos Selama Pandemi Ilustrasi - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) Kota Jogja mengusulkan penghapusan 217 penerima bantuan sosial tunai (BST) selama pandemi pada 2021. Menurut Kepala Seksi Jaminan dan Bantuan Sosial Bernadeta Nanik Trisnajayanti, usulan penghapusan berdasarkan beberapa pertimbangan.

“Karena ada yang meninggal, tidak ada ahli waris. Ada yang sudah pindah, kadang ada yang pindah tidak pamit ketua RT-nya, otomatis tidak bisa mencari. Diusulkan hapus, [namun] keputusan hapus [atau tidak] ada di Kementerian Sosial Repuplik Indonesia,” kata Nanik saat ditemui pada Selasa (16/2/2021).

Advertisement

BACA JUGA: Tak Ada RT Zona Merah Covid di Gunungkidul, Mayoritas Zona Hijau

Selain beberapa alasan di atas, ada juga penerima BST yang tinggal bersama anaknya di luar daerah. Apabila anaknya mampu, mereka tidak menerima BST. Adapula warga yang menolak.

Saat ini, Dinsos Kota Jogja sedang menyalurkan BST melalui kantor pos dimulai dari Minggu (14/2/2021). “Jumlahnya menurun sedikit, karena yang bersangkutan sudah menerima bansos yang lain,” kata Nanik.

Sebelumnya, Forum Pemantau Independen (Forpi) Kota Jogja membuka layanan aduan bagi masyarakat Jogja terkait bantuan sosial (bansos). Aduan bisa berupa permasalahan apapun, termasuk temuan bansos yang tidak tepat sasaran, penyelewengan, pungutan liar, atau bermasalah lain.

Sampai pekan lalu, Forpi Jogja menerima lebih dari lima aduan terkait bansos. Menurut anggota Forpi Kota Jogja Baharuddin Kamba, aduan yang masuk banyak berupa pertanyaan mengapa dia tidak menerima bansos.

Menurut Nunin, semua aduan yang masuk ke Dinsos Kota Jogja akan dijawab oleh admin. “Kami tidak tahu dari mana saja, sudah kami jawab semua,” kata Nunik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

AS Disebut-sebut Bakal Memberikan Paket Senjata ke Israel Senilai Rp16 Triliun

News
| Sabtu, 20 April 2024, 17:37 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement