Malam Minggu, Bagaimana Kondisi Malioboro dan Tugu? Ini Hasil Pantauan Harian Jogja...

Motor pengunjung angkringan di sekitar Jalan P. Mangkubumi terlihat memadati trotoar pada Sabtu (20/2/2021) sekitar pukul 21.30 WIB. - Sirojul Khafid
21 Februari 2021 11:27 WIB Sirojul Khafid Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA – Kawasan Tugu Jogja dan Malioboro terpantau ramai pada akhir pekan ini,  Sabtu (20/2/2021) malam.

Berdasarkan pengamatan Harian Jogja, di area Tugu Jogja, terlihat belasan wisatawan yang berfoto di sekitarnya.

Sementara itu, di area pedestrian Jalan P. Mangkubumi atau Tugu Jogja ke selatan, suasana juga terlihat lebih ramai. Di pedestrian sebelah kiri, para pengunjung memadati warung angkringan yang masih berjualan melebihi ketentuan jam operasional pukul 21.00 WIB.

Dalam masa Pengetatan secara Terbatas Kegiatan Masyarakat (PTKM) periode tiga antara 9-23 Februari 2021, jam operasional tempat makan sampai pukul 21.00 WIB. Setelah itu tempat makan hanya bisa melayani pelanggan dengan sistem bungkus. Namun beberapa angkringan terlihat masih menerima pelanggan sampai pukul 21.30 WIB. Terlihat para pengunjung berkerumun beralaskan tikar.

Keadaan ramai juga terlihat di area Malioboro sekitar pukul 21.30 WIB. Banyak pengunjung yang memadati pedestrian Malioboro. Beberapa bangku taman yang harusnya untuk satu orang diduduki dua orang atau lebih. Hal ini membuat para pengunjung tidak menjaga jarak.

Para pedagang lesehan dan warung tenda lain juga terpantau masih buka dan menerima pelanggan melebihi pukul 21.00 WIB. Ada tempat makan yang terlihat ramai, sedang, dan sepi.

Beralih ke Alun-Alun Utara, pedagang di sebelah Barat dan Timur juga masih menerima pelanggan melebihi pukul 21.00 WIB. Banyak masyarakat yang datang ke tempat makan atau hanya sekadar duduk-duduk di sekitaran Alun-Alun Utara. Sekitar pukul 21.30 WIB, sepeda motor terpantau memadati trotoar samping Alun-Alun Utara.

Sementara itu, keadaan di Alun-Alun Selatan tampak sepi. Hanya ada beberapa petugas keamanan yang sedang berpatroli. Sudah tidak ada pula pedagang yang masih buka pada pukul 21.30 WIB.