Perjalanan KA Terganggu karena Banjir Jakarta, KAI Daop 6 Jogja Minta Maaf

Foto ilustrasi. - Solopos/M. Ferri Setiawan
21 Februari 2021 15:27 WIB Bernadheta Dian Saraswati Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA - PT Kereta Api Indonesia (Persero) menyampaikan permohonan maaf atas adanya gangguan perjalanan kereta api imbas dari banjir di wilayah Jakarta akibat tingginya curah hujan pada Minggu (21/2/21) pagi.

“Kami atas nama Manajemen KAI mengucapkan permohonan maaf kepada para pelanggan karena terganggunya perjalanan dan pelayanan kereta api akibat banjir yang menggenangi jalur kereta api lintas Kedunggedeh - Lemahabang, Kab. Bekasi,” demikian disampaikan Manager Humas PT KAI Daop 6 Yogyakarta, Supriyanto dalam rilis yang diterima Harianjogja.com, Minggu siang. 

Jalur kereta api lintas Kedunggedeh - Lemahabang tepatnya pada km 55+100 s.d km 54+500 hingga pagi ini pukul 09.00 masih terendam banjir. Banjir yang merendam sejumlah ruas jalur rel tersebut merupakan dampak dari meningkatnya debit aliran sungai dari Bendungan Kamojing, Pupukujang, dan Walahar.

Baca juga: Selter Tempat Isolasi Pasien Covid-19 di Bantul Hampir Penuh

Akibatnya untuk sementara waktu lokasi tersebut belum dapat dilalui kereta api. Terdapat KA yang perjalanannya dibatalkan, serta perjalanan yang dialihkan menggunakan bus dan selanjutnya menggunakan kereta api dari stasiun Cikampek menuju kota-kota tujuan.

Berikut Informasi perjalanan KA Jarak Jauh pada Minggu 21 Februari 2021 untuk waktu keberangkatan s.d Pukul 12.00 WIB :

1. Stasiun Pasar Senen
Seluruh KA di Batalkan

2. Stasiun Gambir
# Keberangkatan di alihkan dari Stasiun Cikampek
- KA 2 Argo Bromo Anggrek relasi Gambir-Surabaya Pasar Turi
- Plb 10A Argo Dwipangga relasi Gambir-Solo Balapan
- Plb 291A (Bengawan) kembali ke Purwosari sbg Plb 292A (Bengawan)

# Dibatalkan :
-  KA 38 Argo Parahyangan relasi Gambir - Bandung

PT KAI memohon maaf kepada seluruh pengguna jasa yang terdampak pembatalan perjalanan. Upaya untuk tetap dapat memaksimalkan pelayanan yang terdampak banjir akan terus dilakukan, baik dari sisi operasional KA dan penanganan prasarana jalur KA.

Adapun KA yang tetap diberangkatkan dari Stasiun Cikampek merupakan perjalanan KA dengan jadwal yang masih memungkinkan untuk tetap diupayakan operasionalnya. Penumpang pada KA tersebut diberangkatkan menggunakan Bus menuju Stasiun Cikampek dan selanjutnya melanjutkan Perjalanan menggunakan jasa KA.

Untuk keberangkatan KA pada Minggu siang dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen akan kembali diinformasikan secara berkala.

Baca juga: Dalam 24 Jam, 64 Warga yang Terinfeksi Covid-19 di Bantul Sembuh

Para pelanggan yang terdampak telah kami hubungi seluruhnya, untuk menginformasikan terkait kondisi terbaru terkait perjalanan KA-nya. Info selengkapnya terkait perjalanan KA, pelanggan dapat menghubungi Customer Service di Stasiun, Contact Center KAI melalui telepon di 021-121, WhatsApp KAI121 di 08111- 2111-121, email cs@kai.id, atau media sosial KAI121.

“Kami berkomitmen untuk senantiasa mengutamakan keselamatan, keamanan, dan kenyamanan perjalanan KA,” tutup Supriyanto. *