Tambah 28 Kasus, Warga Terinfeksi Corona di Gunungkidul Jadi 1.879 Orang

Ilustrasi. - Freepik
21 Februari 2021 19:27 WIB David Kurniawan Gunungkidul Share :

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Warga yang tertular Covid-19 di Gunungkidul bertambah 28 orang, Minggu (21/2/2021). Sampai sekarang kasus Covid-19 di Gunungkidul tercatat 1.879.

“Selain ada tambahan kasus baru, juga ada penambahan pasien sembuh sebanyak delapan orang,” kata Kepala Dinas Kesehatan Gunungkidul, Dewi Irawaty, Minggu.

BACA JUGA: Update Covid-19 DIY : Bantul Sumbang Kasus Baru Terbanyak, Sleman Kasus Sembuh Tertinggi

Menurut Dewi, dari jumlah kasus tersebut, sebanyak 1.615 orang sudah dinyatakan sembuh. Sisanya sebanyak 87 orang dinyatakan meninggal dunia akibat Corona dan 177 orang masih menjalani perawatan. “Ada yang dirawat di rumah sakit, tetapi untuk yang tanpa gejala hanya diminta melakukan isolasi mandiri,” kata dia.

Dewi mengatakan disiplin menjalankan protokol ini seperti menggunakan masker saat di luar rumah, menjaga jarak dengan menghindari kerumunan serta mencuci tangan dengan sabun menjadi kunci pencegahan. “Semakin masyarakat patuh, maka potensi penyebaran bisa ditekan. Tapi kalau abai, maka penambahan bisa tak terkendali sehingga penerapan protokol ini wajib dijalankan,” katanya.

Hal tak jauh berbeda diungkapkan oleh Wakil Ketua Komisi D DPRD Gunungkidul, Ari Siswanto. Menurut dia, meski ada perpanjangan Pembatasan secara Terbatas Kegiatan Masyarakat (PTKM), ada beberapa kelonggaran salah satunya warga diperbolehkan menggelar hajatan.

Ia berharap masyarakat bisa tetap patuh menjalankan protokol kesehatan guna memutus mata rantai penyebaran virus Corona.