Sultan HB X Lantik 10 Pejabat di Lingkungan Pemda DIY

Gubernur DIY, Sri Sultan HB X saat melantik 10 pejabat Pemda DIY ke posisi baru di Bangsal Kepatihan, Jogja, Rabu (3/3/2021). - Harian Jogja/ Jalu Rahman Dewantara.
03 Maret 2021 12:37 WIB Jalu Rahman Dewantara Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA--Sepuluh pejabat eselon II Pemda DIY dirotasi ke posisi baru. Beberapa di antaranya promosi menjadi kepala dinas. Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwono X mengatakan rotasi dan promosi jabatan adalah suatu proses yang wajar dalam birokrasi pemerintahan. Hal ini dimaksudkan untuk penyegaran semangat sekaligus sebagai upaya memotivasi pejabat agar bekerja lebih baik.

"Selain itu memudahkan pejabat sebagai bagian dari keniscayaan regenerasi, bukan dalam arti umur biologis tetapi pada semangat mudanya. Ini dimaksudkan agar OPD bisa tumbuh berkelanjutan dalam memberikan pelayanan publik yang terbaik," kata Sultan seusai melantik pejabat baru, di Bangsal Kepatihan, Jogja, Rabu (3/3/2021).

BACA JUGA : Imbas Corona, Pejabat Pemda DIY Tahun Ini Tak Dapat THR

Kepada pejabat yang resmi mengemban posisi baru, Sultan mengingatkan untuk selalu menguatkan koordinasi lintas sektoral dalam setiap penyelenggaraan program pembangunan. Ini diperlukan agar program terlaksana dengan cepat dan baik. "Misalnya kita mau membangun jalan, perlu ada koordinasi yang baik dengan OPD lain, jadi tidak hanya PU saja atau dinas pertanahan," ujarnya.

Pejabat yang dirotasi itu meliputi Staf Ahli Gubernur DIY Bidang Hukum, Pemerintahan dan Politik, Sumadi, yang kini jadi Asisten Sekretariat Daerah (Setda) DIY Bidang Pemerintahan dan Administrasi Umum; Kuncoro Cahyo Aji dari Kepala Badan Pendidikan dan Pelatihan DIY ke Kepala Dinas Kehutanan dan Lingkungan Hidup DIY; Dewo Isni Broto Imam Santoso dari Kepala Biro Hukum Setda DIY menjadi Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik.

Selanjutnya Jarot Budi Harjo, yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Biro Organisasi Setda DIY kini didapuk jadi Kepala Badan Pendidikan dan Pelatihan DIY; Etty Kumolowati dari Kepala Biro Bina Pemberdayaan Masyarakat Setda DIY ke jabatan baru Staf Ahli Gubernur DIY Bidang Sosial, Budaya dan Kemasyarakatan; Ni Made Dwipanti Indrayanti yang semula menjabat Kepala Biro Administrasi Perekonomian dan Sumber Daya Alam Setda DIY jadi Kepala Dinas Perhubungan DIY.

BACA JUGA : Dugaan Korupsi Mandala Krida: KPK Periksa 3 Pejabat

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan DIY sekarang dijabat Sugeng Purwanto yang awalnya Kepala Biro Tata Pemerintahan Setda DIY; Maladi dari Kepala Biro Bina Mental Spiritual Setda DIY jadi Staf Ahli Gubernur DIY Bidang Hukum Pemerintahan dan Politik; Sukamto dari Kepala Biro Pengembangan Infrastruktur Wilayah dan Pembiayaan Pembangunan Setda DIY menjadi Kepala Biro Bina Pemberdayaan Masyarakat Setda DIY dan terakhir Bambang Widhyo Sadmo dari Wakil Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan dan Energi Sumber Daya Mineral DIY jadi Kepala Biro Pengembangan Infrastruktur Wilayah dan Pembiayaan Pembangunan Setda DIY.

Salah satu pejabat terlantik, Sugeng Purwanto mengatakan telah memiliki sejumlah rencana program sebagai Kepala Dinas Pertanian dan Pangan DIY. Salah satunya mendorong kelompok tani untuk terus berkreasi dalam rangka pemulihan ekonomi pasca terpuruk imbas pandemi Covid-19. Dengan cara itu pula diharapkan stok pangan bagi masyarakat di DIY bisa tetap terpenuhi dalam situsasi seperti ini.

BACA JUGA : HARIAN JOGJA HARI INI:Pejabat Pemda DIY Diperiksa KPK

"Harapan saya seperti itu tapi untuk implementasinya nanti dulu karena saya kan baru menjabat, nanti mau konsultasi dulu sama rekan-rekan di kantor dan pimpinan daerah," ujarnya.