Satu RT Ada 22 Orang Positif Covid-19, Kaliurang Zona Orange

Ilustrasi. - Freepik
07 Maret 2021 07:17 WIB Lugas Subarkah Sleman Share :

Harianjogja.com, PAKEM--Sebanyak 22 warga di RT 04 Kalurahan Hargobinangun, Pakem, Sleman positif covid-19, dengan kasus pertama ditemukan pada 20 Februari lalu. Dari jumlah tersebut, saat ini sebanyak tujuh orang telah dinyatakan sembuh sementara 15 orang lainnya masih menjalani isolasi.

Lurah Hargobinangun, Amin Sarjito, menjelaskan 22 kasus positif yang berada di pedukuhan Kaliurang Timur ini merupakan satu klaster. Penemuan kasus pertama pada 20 Feberuari lalu, yang kemudian dilakukan tracing hingga Jumat (5/3/2021) ditemukan total 22 kasus positif.

BACA JUGA : Mantap! Sleman Zero RT Zona Merah, Hanya 1 RT Zona

Dari total kasus tersebut, sebanyak tujuh kasus telah dinyatakan sembuh. Sementara 15 kasus lainnya masih dalam perawatan. “Lima pasien isolasi di Asrama Haji, dua pasien isolasi di RSUD Prambanan dan lainnya isolasi mandiri di rumah,” ujarnya, Sabtu (7/3/2021).

Ia menegaskan untuk warga yang melakukan isolasi mandiri tersebut, sudah diberikan bantuan jatah hidup (jadup) dalam bentuk sembako. Untuk mendukung pemenuhan keperluan seharia-hari, warga sekitar juga bergotong-royong dengan jadwal yang dikoordinasikan oleh Dukuh.

Meski cukup banyak kasus positifnya, ia mengatakan di RT 04 tersebut status zonanya masih orange atau risiko penularan sedang, sebab kasus positif tersebar di 10 rumah. “RT tersebut zonanya orange,” ungkapnya.

BACA JUGA : Ini Wilayah di Sleman yang Masih Masuk Zona Hijau Corona

Selain RT 04, di Padukuhan Kaliurang Timur juga terdapat sebaran kasus positif lainnya yakni di RT 02 satu kasus dan RT 05 tiga kasus dengan rincian satu sembuh dua aktif. Berdasarkan rumahnya, kasus di RT 02 ada di satu rumah, RT 04 10 rumah dan RT 05 satu rumah.

Kepala Dinas Kesehatan Sleman, Joko Hastaryo, mengatakan penetapan zona orange untuk RT 04 ini sesuai dengan pedoman dalam Pemberlakuan Pmbatasan kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro, yakni satu RT termasuk dalam zona orange jika di dalamnya terdapat kasus positif dalam 6-10 rumah.

BACA JUGA : 4 Kecamatan dan 6 Desa di Sleman Masih Masuk Zona

“Skenario pengendaliannya dengan menemukan kasus suspek, kontak erat dan melakukan isolasi mandiri. Selain itu, di wilayah tersebut dilakukan penutupan tempat ibadah, tempat bermain anak dan tempat umum lainnya kecuali sektor esensial,” katanya.