Ada Hanung Bramantyo hingga Butet yang Akan Divaksin di Hadapan Jokowi

Ilustrasi. - Reuters
09 Maret 2021 17:27 WIB Jumali Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL - Persiapan terus dilakukan oleh Dinkes Bantul terkait dengan rencana vaksinasi Covid-19 terhadap 500 budayawan dan seniman yang akan dihadiri oleh Presiden RI Joko Widodo di Padepokan Seni Bagong Kussudiardja, Rabu (10/3/2021).

Kepala Seksi Surveilans dan Imunisasi Bidang Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit, Dinkes Bantul, Abednego Dani Nugroho menjelaskan sejauh ini tidak ada perubahan terkait dengan jumlah seniman dan budayawan yang akan menjalani vaksinasi, Rabu (10/3). Dari daftar yang ada, tetap ada 500 seniman dan budayawan terdaftar menerima vaksin.

Adapun jumlah seniman dan budayawan yang masuk dalam usia lanjut (lansia), Abed memastikan jumlahnya tidak sampai 40 persen dari total 500 orang penerima vaksin.

Sementara untuk nama-nama yang sudah teregister, diakui Abed sejauh ini antara lain Romo Sindhunata, Djoko Pekik, Kartika Affandi, Ivan Sagita, Maria 'Papermoon' Tri Sulistyani, Susilo 'Den Baguse Ngarso' Nugroho, Marwoto, Didik Nini Thowok, Juki 'Kill The DJ', dan Hanung Bramantyo. Selain itu, ada Butet Kertarajasa yang juga masuk dalam daftar penerima vaksin.

BACA JUGA : Ribuan PNS Sleman Disuntik Vaksin Covid-19 di Mal

"Soal nanti berapa yang bisa divaksin, baru bisa dilihat besok di meja 2. Akan ada screening ketat terkait kerentanan dan juga kepastian calon penerima vaksin memiliki komorbid atau tidak," terang Abed Selasa (9/3/2021).

Sebagai persiapan, tidak hanya melakukan tes swab PCR kepada 60 vaksinator yang akan bertugas, Dinkes juga mengetes swab PCR kepada 170 orang undangan.

"Dari jumlah itu, 60 orang adalah undangan dari Bantul termasuk pak Bupati. Selain itu ada 200 undangan lainnya yang kami tes rapid antigen. Ini dilakukan untuk memastikan tamu undangan tidak terpapar Covid-19," katanya.

BACA JUGA : Presiden Jokowi Akan Saksikan Vaksinasi 500 Seniman 

Tak ada seremoni khusus

Panewu Kasihan Slamet Santosa mengatakan meski akan dihadiri oleh Presiden RI Joko Widodo, tidak akan ada seremoni khusus pada vaksinasi seniman kali ini.

"Mengacu rundown, tidak ada seremoni khusus. Pak Jokowi datang sekitar pukul 09.00 WIB saat vaksinasi sudah digelar. Nanti beliau akan melihat ada lima orang yang divaksin, salah satunya Mas Hanung," ungkap Slamet.

BACA JUGA : Ribuan PNS Sleman Ikuti Vaksinasi Massal

Usai melihat lima orang divaksin selama 15 menit, masih kata Slamet, Presiden Jokowi akan melihat pameran lukisan yang sengaja dipasang di sekitar lokasi vaksinasi. "Ada juga tari-tarian dan musik di sekitar lokasi," ucap Slamet.