Bamuskal Proses Pengunduran Diri Lurah Mangunan yang Tersangkut Perselingkuhan

Ilustrasi perselingkuhan. - JIBI
13 Maret 2021 09:57 WIB Catur Dwi Janati Bantul Share :

Harianjogja.com, DLINGO - Pengunduran diri Lurah Mangunan, JI terus diproses sesuai alur yang ada. Sebelumnya warga Mangunan sempat melakukan unjuk rasa di Kantor Kalurahan Mangunan atas dugaan kasus perselingkuhan yang dilakukan oleh JI.

Proses pengunduran diri JI saat ini masih ditangani Badan Permusyawaratan Kalurahan (Bamuskal) Mangunan. Anggota Bamuskal Mangunan, Sanimin menegaskan pengunduran diri masih diproses. Dia mengaskan bahwa JI tidak mencabut surat pengunduran diri tersebut.

"Lurah Mangunan, JI enggak mencabut surat pengunduran diri kok. Tetap mau diproses dari Bamuskal," terangnya Senin (12/3).

BACA JUGA : Diduga Terlibat Perselingkuhan, Warga Desak Lurah

Sanimin menerangkan Bamuskal telah melalukan klarifikasi langsung dengan JI. "Pak JI sudah memberikan semacam pembelaan istilahnya. Tapi kan bukan pencabutan," tandasnya.

Disebutkan Sanimin saat proses klarifikasi, JI tidak membenarkan perkara yang dituduhkan kepadanya. "Mundurnya enggak dicabut.  Istilahnya [dia menyatakan] tidak seperti yang dituduhkan," ujarnya.

Pernyataan Sanimin menegaskan bahwa tidak ada pencabutan surat pengunduran diri dari JI. Selanjutnya pihak Bamuskal akan memproses pengunduran diri dengan mengirim surat pengunduran diri, permohonan izin penjabat lurah dan izin menyelenggarakan Pemilihan Antar Waktu (PAW) lurah. "Sementara ini tahapnya sudah sidang Bamuskal. Rapatnya sudah, ini baru proses, tinggal proses surat ke Bupati lewat Panewu Dlingo," tandasnya.

BACA JUGA : Dugaan Perselingkuhan, Lurah Mangunan Tak

Penewu Dlingo, Deni Ngajis Hartono menuturkan akan segera memproses surat dari Bamuskal Mangunan sehingga segera ditunjuk Penjabat Lurah Mangunan hingga diizinkannya PAW lurah. Pasalnya saat ini posisi tersebut diisi Carik Mangunan, sebagai pelaksana harian lurah.

"Meski yang bersangkutan membantah berselingkuh dan membuat surat pengunduran diri dalam kondisi tekanan batin. Namun jika Bamuskal Mangunan menerima pengunduran diri Lurah JI maka proses pengunduran diri tetap diproses," tegasnya.

Sebelumnya warga Kalurahan Mangunan berunjuk rasa di Kantor Kalurahan Mangunan, Kapanewon Dlingo pada Minggu (7/3/2021) malam. Warga memprotes atas dugaan tindakan perselingkuhan yang dilakukan Lurah Mangunan.

Ketua Pemuda Padukuhan Kediwung, Nur menyampaikan aksi demonstrasi warga dilakukan spontan pada Minggu malam. Pendemo merasa kecewa atas tindakan lurah yang dinilai kurang terpuji tersebut. "Warga kecewa terhadap perilaku [perselingkuhan] lurah, yang seharusnya bisa menjadi contoh warganya," tuturnya Senin (8/3/2021).