Advertisement

Ada Festival Andong di Sleman

Abdul Hamied Razak
Minggu, 14 Maret 2021 - 21:57 WIB
Bhekti Suryani
Ada Festival Andong di Sleman Festival Andong 2021 ditandai dengan kirab andong dari Rumah Dinas Bupati Sleman menuju Sleman City Hall, Minggu (14/3/2021).-Harian Jogja - Abdul Hamid Razak

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN- Dinas Pariwisata DIY bekerja sama dengan Persatuan Organisasi Olahraga Berkuda Seluruh Indonesia (Pordasi) DIY menggelar Festival Andong 2021 Minggu (14/3/2021). Festival tersebut diharapkan manambah daya dukung penyelanggaraan wisata di Sleman.

Kepala Dinas Pariwisata DIY Singgih Raharjo mengatakan Festival Andong merupakan event tahunan dan masuk dalam Calendar of Event DIY 2021. Festival digelar untuk menjaga konsistensi DIY sebagai daerah pariwisata yang melestarikan budaya dan warisan bangsa. Even ini juga untuk mempromosikan andong kepada masyarakat baik dalam maupun luar negeri.

Advertisement

Festival yang digelar bertepatan dengan peringatan jumenengan dalem Sri Sultan HB X Ke-33 dijalankan dengan penerapan protokol kesehatan yang ditetapkan pemerintah. "Kami ingin menggugah kesadaran masyarakat Jogja khususnya, untuk merawat dan menghargai andong sebagai warisan budaya," katanya di sela kegiatan.

 BACA JUGA: Tegalrejo Belum Terbebas dari Status Kalurahan Rawan Pangan

Festival Andong, katanya, masuk dalam 71 event wisata budaya yang disiapkan oleh Dispar dan menjadi upaya untuk pemulihan wisata dan ekonomi selama pandemi Covid-19 berlangsung. Lokasinya sengaja digelar di pusat perbelanjaan di sisi Utara Jogja agar wisatawan yang masuk bisa menyaksikan gelaran tersebut.

"Mobilatas andong kan terbatas. Selama ini hanya banyak dijumpai di Kota Jogja dan Bantul. Makanya kegiatan ini digelar di Sleman," katanya.

Pada festival tersebut, Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo juga ikut menaiki andong bersama Gusti Bendoro dan Ketua Pengda Pordasi DIY, KPH Yudanegara. Kirab dengan urutan peserta diawali dengan pawai sepeda onthel, andong dan paling belakang barisan becak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Airlangga Hartato Sebut Jokowi Milik Bangsa dan Semua Partai

News
| Rabu, 24 April 2024, 16:37 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement