Advertisement

Wedus Gembel Teramati di Sekitar Merapi

Lugas Subarkah
Rabu, 17 Maret 2021 - 19:17 WIB
Bhekti Suryani
Wedus Gembel Teramati di Sekitar Merapi Luncuran awan panas Gunung Merapi menuju hulu Sungai Krasak sekitar pukul 12.44 WIB terlihat dari Kawasan Turi, Purwobinangun, Kapanewon Pakem, Sleman, Kamis (7/1/2021). - Harian Jogja/Gigih M Hanafi

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN-Gunung Merapi muntahkan awan panas guguran atau wedus gembel pada Rabu (17/3/2021) siang. Awan panas guguran dengan jarak luncur yang cenderung pendek ini baru nampak muncul kembali setelah beberapa hari sebelumnya tidak teramati.

Kepala Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Hanik Humaida, menuturkan awan panas guguran muncul pada pukul 14.20 WIB, dengan jarak luncur 700 meter. “Tercatat di seismogram dengan amplitude 31 mm dan durasi 62 detik,” ujarnya.

Advertisement

Pada hari yang sama dalam periode pengamatan pukul 00.00 WIB-12.00 WIB teramati terjadi 21 kali guguran lava pijar dengan jarak luncur maksimal 1,2 km ke arah barat daya. Pada aktivitas kegempaan tercatat 81 gempa guguran, tiga gempa hembusan, tiga gempa fase banyak dan satu gempa tektonik jauh.

BACA JUGA: Pelabuhan Tanjung Adikarto, Harapan DIY Menjaring Cuan Laut Selatan

Adapun awan panas guguran terakhir terjadi pada Jumat (12/3/2021) lalu, sebanyak dua kali luncuran dengan jarak luncur 1,5 km ke arah barat daya dengan amplitude 47 mm dan durasi 148 detik. Pada hari itu juga teramati 30 kali guguran lava pijar dengan jarak luncur maksimal 1 km.

Dengan tikngkat aktivitas ini, status Gunung Merapi masih Siaga. Potensi bahaya saat ini berupa guguran lava dan awanpanas pada sektor selatan-barat daya meliputi sungai Kuning, Boyong, Bedog, Krasak, Bebeng, dan Putih sejauh maksimal 5 km dan pada sektor tenggara yaitu sungai Gendol sejauh 3 km.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Patahan Pemicu Gempa Membentang dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, BRIN: Di Dekat Kota-Kota Besar

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement