Vaksinasi Covid-19 Kalangan Pendidik di Bantul, Guru SD Jadi Prioritas

Ilustrasi. - ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A
19 Maret 2021 08:57 WIB Catur Dwi Janati Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL - Vaksinasi guru di Bantul mulai dilaksanakan pekan ini. Guru SD jadi prioritas pertama dalam vaksinasi dari kalangan tenaga pendidik.

Sebelumnya Juru Bicara Pengelolaan Vaksin Covid-19 Bantul, Abednego Dani Nugroho menyampaikan vaksinasi guru dimulai sejak Kamis (18/3). Dikarenakan baru mulai, pihaknya belum mengantongi cakupan guru SD yang telah mendapatkan vaksin. "Sudah mulai untuk yang Guru SD Disdikpora," ujarnya pada Kamis (18/3/2021).

Sebanyak 3.035 orang guru disebutkan Abed bakal menerima vaksin mulai pekan ini. Pelaksanaan vaksin disebar di seluruh Puskesmas di berbagai kapanewon.

Baca juga: Puluhan Orang Terinfeksi Corona, Masjid Jogokaryan Tetap Beraktivitas seperti Biasa

Salah satu guru SD 1 Trirenggo, Bantul Ida Nursanti menuturkan bahwa guru-guru di SD 1 Trirenggo baru akan divaksin Jumat (19/3/2021). "Belum di vaksin, ini jadwal SD 1 Trirenggo Jumat 19 Maret 2021 pukul 08.00 WIB divaksin di Puskesmas Bantul 1," terangnya.

Dijelaskan Ida, semua yang terdata DAPODIK Disdikpora Bantul akan merima vaksinasi. "Jadwal [vaksin] per satuan pendidikan. Jadi semua yang sudah masuk data DAPODIK divaksin," tuturnya.

Baca juga: PPKM Mikro di Jogja Bakal Diperpanjang Lagi, Tapi Pertunjukan Seni Boleh Digelar

Di sisi lain, Ida mengungkapkan beberapa guru merasa penasaran dengan vaksinasi. Ada juga kekhawatiran bagi guru yang sudah usia lanjut di atas 40 tahun. "Karena biasanya ada penyakit penyerta seperti saya misalnya, usia 48 dengan penyakit penyerta darah tinggi. Saya minum obat rutin sudah lima tahun ini," ungkapnya.

"Tapi ya pasrah aja, apa pun risikonya semua sudah di garis nasib. Kita berpikir positif saja, mudah-mudahan diberikan kesehatan, keselamatan, dan lancar semuanya," tandasnya.