Advertisement

Lebih dari 100.000 Orang di DIY Telah Disuntik Vaksin

Jalu Rahman Dewantara
Sabtu, 20 Maret 2021 - 13:07 WIB
Budi Cahyana
Lebih dari 100.000 Orang di DIY Telah Disuntik Vaksin Vaksinasi massal di Pasar Beringharjo, Senin (1/3/2021)-Harian Jogja - Gigih M Hanafi

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Vaksinasi Covid-19 tahap kedua untuk kalangan lanjut usia dan pelayan publik di DIY masih berjalan. Hingga Jumat (19/3/2021), total penerima vaksin telah mencapai 97.583 jiwa.

"Sampai kemarin [Jumat] yang sudah dapat vaksin sebanyak 97.583 orang, itu untuk pelayan publik dan lansia. Jika ditotal dengan tenaga kesehatan [pada tahap pertama] maka jumlahnya sudah 142.718," terang Juru Bicara Pemda DIY untuk Penanganan Covid-19, Berty Murtiningsih, Sabtu (20/3/2021).

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

BACA JUGA: Terima Keputusan All England 2021, Tim Bulutangkis RI Urus Kepulangan

Berty mengatakan sebagian penerima vaksin di tahap pertama dan kedua sudah memperoleh dua dosis vaksin. Kebanyakan adalah nakes, termasuk sumber daya manusia kesehatan (SDMK) yang bekerja di fasilitas pelayanan kesehatan (fasyankes). Kemudian pelayan publik, seperti PNS, aparat kepolisian, TNI, pedagang, pelaku wisata, hingga jurnalis. 

Sedangkan untuk lansia masih sedikit karena interval dari pemberian dosis pertama ke dosis dua berlangsung lebih lama, yakni selama 28 hari. Sementara sasaran di luar itu intervalnya hanya 14 hari.

Kepala Dinas Kesehatan DIY, Pembajun Setyaningastuti menerangkan total sasaran vaksinasi untuk pelayan publik di DIY sebanyak 334.754 jiwa dan lansia 295.349. Adapun pelayan publik yang sudah disuntik vaksin berkisar 24,47 persen dengan 7,28 persen telah menerima dosis kedua. Lansia yang sudah divaksinasi berkisar 5,31 persen dan 0,07 persen telah memperoleh suntikan kedua.

"Lansia ini memang masih jadi pekerjaan rumah kami, mengingat jumlah penduduk yang masuk kategori itu cukup tinggi, nanti kami upayakan dengan vaksinasi massal," kata Pembajun.

Sementara itu, pemberian vaksin dosis kedua bagi pelayan publik di Kota Jogja telah berlangsung sejak sepekan terakhir. Penyuntikan dilakukan di tiga tempat, yakni Benteng Vredeburg, Tempat Parkir Abu Bakar dan Pasar Beringharjo.

Advertisement

BACA JUGA: Kongres Aksara Jawa I di DIY Berpotensi Munculkan Paugeran Baru

Merujuk data Dinkes Kota Jogja, total yang sudah mengikuti vaksinasi di daerah ini sebanyak 45.939 orang. Dari jumlah itu ada 18.985 jiwa telah menerima dosis kedua.

Salah satu penerima vaksin di Kota Jogja, Putri, 24, mengatakan telah mengikuti vaksinasi termin kedua di Benteng Vredeburg, Sabtu (20/3/2021). Pada vaksinasi kali ini ia mengaku sempat mengalami pusing, tapi hanya sesaat. Setelah itu kondisinya kembali pulih.

Advertisement

"Tadi sempat pusing, tapi cuma sebentar terus hilang, efek ini sama kaya pas pemberian vaksin pertama kemarin," kata Putri.

Menurut Putri efek vaksin atau yang umum disebut kejadian ikutan pasca imunisasi (KIPI) ini merupakan hal lumrah. Selain pusing, kata Putri, ada kawannya yang ikut vaksinasi merasakan efek lain, seperti mengantuk dan letih, tetapi itu hanya berlangsung sesaat.  

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Piala Dunia 2022

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Target Pendapatan Daerah Kabupaten Magelang 2023 Disepakati Rp2,4 Triliun

News
| Kamis, 01 Desember 2022, 07:57 WIB

Advertisement

alt

Masangin Alkid, Tembus Dua Beringin Bakal Bernasib Mujur

Wisata
| Selasa, 29 November 2022, 15:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement