Geger Mayat Perempuan dengan Bercak Darah Ditemukan di Dekat Wisma Sermo Kulonprogo

Ilustrasi mayat - Ist/Okezone
23 Maret 2021 21:27 WIB Hafit Yudi Suprobo Kulonprogo Share :

Harianjogja.com, KULONPROGO--Sesosok mayat perempuan muda ditemukan tergeletak di lantai Wisma Sermo yang terletak di Padukuhan Kedungtangkil, Kalurahan Karangsari, Kapanewon Pengasih, Kulonprogo, Selasa (23/3/2021) sore. Dikarenakan mayat perempuan tersebut tidak mengantongi identitas, polisi masih melakukan penyelidikan.

Kasubbag Humas Polres Kulonprogo, Iptu I Nengah Jeffry Prana Widnyana mengatakan korban ditemukan oleh warga sekitar yang ingin merumput sekitar pukul 16.30 WIB sore. Merasa janggal, warga tersebut melaporkan penemuan sesosok perempuan tersebut kepada petugas kehutanan di kawasan Suaka Margasatwa dan diteruskan ke Satreskrim Polres Kulonprogo.

"Mendapatkan laporan tersebut polisi langsung mendatangi lokasi kejadian untuk melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP). Lokasi sekitar langsung dipasangi garis polisi untuk kepentingan penyelidikan. Saat ditemukan [korban] tidak mengantongi identitas sama sekali," ujar Iptu Jeffry saat dikonfirmasi pada Selasa (23/3/2021).

BACA JUGA: Kubah Lava di Tengah Gunung Merapi Terus Tumbuh, Begini Penjelasan BPPTKG

Lebih lanjut, saat ditemukan korban mengenakan bra warna merah dan ditemukan sepatu warna coklat. Korban ditemukan dalam kondisi telentang dengan kepala di sisi utara. Perempuan tersebut mengenakan celana panjang jeans warna hitam dan kaos lengan panjang atau sweater warna abu-abu dalam kondisi tersingkap sampai ke dada.

"Petugas juga menemukan ikat rambut warna pink dan putih, sedangkan sepatunya tertata cukup rapi. Ciri fisik korban memiliki rambut panjang sebahu lurus dengan tinggi badan mencapai 160 cm. Berat badannya diperkirakan 50 kilogram dengan usia antara 25-35 tahun," jelas Iptu Jeffry.

Adapun, petugas menemukan bercak darah pada pantat, celana dalam dan daun telinga kanan korban. Saat ditemukan kondisi mayat sudah mulai lebam dan bengkak. Pada mulutnya, ada sedikit air liur keluar. "Sedangkan, pada lutut kanan ditemukan bekas jahitan luka lama. Kemungkinan korban sudah meninggal enam jam sebelum ditemukan,” imbuh Iptu Jefry.

Saat ditemukan, di tubuh korban, tidak ditemukan adanya tanda-tanda kekerasan, dan diduga tidak dalam kondisi hamil. Polisi saat ini masih melakukan penyelidikan dengan meminta keterangan dari sejumlah saksi.

“Apakah ada unsur pembunuhan atau tidak masih dalam penyelidikan. Untuk sementara jasad korban kami bawa ke RSUD Wates," tutup Iptu Jeffry.

Dikonfirmasi terpisah, Ketua MPP Suaka Margasatwa Sermo, Agus Tri Nuryono, membenarkan penemuan mayat di kawasan Wisma Sermo pada Selasa (23/3/2021) sore.

"Tadi ada orang merumput menyampaikan kepada saya, melihat seorang perempuan tergeletak di samping Wisma Sermo, setelah saya dan teman-teman lihat ternyata tidak bergerak dan saya lapor Bhabinkamtibmas," ujar Agus.

Kapolsek Pengasih Kompol Topo Subroto dihubungi terpisah membenarkan pada Selasa, 23 Maret 2021 sekitar pukul 16.30 WIB sore telah ditemukan sesosok mayat perempuan.

"Korban dievakuasi oleh Satreskrim Polres Kulonprogo, Tim identifikasi bersama PMI Kulonprogo," tutup Kompol Topo.