Waspada, Simpang Ketandan Ada Titik Tilang Elektronik

Kamera CCTV Electonic Traffic Law Enforcement (ETLE) dipasang di ruas jalan Wates Purworejo, Temon, Kulonprogo, Rabu (24/03/2021). - Harian Jogja/Desi Suryanto
25 Maret 2021 09:37 WIB Catur Dwi Janati Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL - Tilang elektronik resmi diberlakukan secara nasional mulai Selasa (23/3/2021). Sosialisasi di tingkat daerah telah dilakukan masif sejak tahun lalu.

Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Bantul, Ajun Komisaris Polisi (AKP) Amin Ruwito menjelaskan di Bantul sosialisasi telah dilakukan Satlantas Bantul sejak tahun 2020. "Sudah dari bulan Mei atau Juni disosialisasikan, tapi tilang elektronik secara nasional kan memang baru kemarin [diberlakukan]," jelasnya Rabu (24/3/2021).

BACA JUGA : Tilang Elektronik Berlaku di DIY, Ini Lokasi yang Sudah 

Amin menjelaskan titik tilang elektronik di Bantul berada di Banguntapan. "Tepatnya berada di Simpang Ketandan, Banguntapan," terangnya.

Lokasi Simpang Ketandan menjadi satu-satunya titik tilang elektronik di Bantul. "Dari dulu sudah kita sosialisasikan melalui media sosial dan terjun langsung ke lapangan. Karena di Bantul cuma satu di Simpang Ketandan itu. Tidak ada penambahan sampai saat ini," tandasnya.

Secara teknis Amin menerangkan bahwa pengurusan tilang elektronik berada di Ditlantas DIY. "Pengurusannya tetap Ditlantas DIY. Soalnya server atau administrasinya ada di Ditlantas DIY bukan di Bantul," tegasnya.

BACA JUGA : Peluncuran Tilang Elektronik Nasional Diundur