Advertisement

Sultan Berharap PKS Jadi Rumah Demokrasi Semua Golongan

Sunartono
Minggu, 28 Maret 2021 - 21:27 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Sultan Berharap PKS Jadi Rumah Demokrasi Semua Golongan Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwono X hadir dalam Rakerwil PKS DIY, Minggu (28/3/2021). - Ist/PKS DIY.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X berharap agar Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menjadi rumah demokrasi bagi semua golongan dan etnis di tengah pencanangan sebagai partai yang terbuka atau inklusif. Hal itu disampaikan Sultan saat menghadiri Rakerwil PKS DIY di Grand Inna Malioboro Minggu (28/3/2021).

Dalam sambutannya Sultan mengatakan pencanangan kembali, PKS sebagai partai terbuka yang inklusif, perlu disambut dengan optimisme oleh masyarakat luas. Dari kesan eksklusif ke pernyataan inklusif, tentu juga membawa perubahan paradigmatik. Perubahan ini bukanlah hal mudah untuk memperoleh kepercayaan, jika dalam politik praktis tidak mencerminkan apa yang dipersepsi publik. Karena, partai politik dalam bayangan awam adalah repressentasi kepentingan kelompok tertentu dalam masyarakat. Sultan merasa terhormat diberi kesempatan hadir dalam forum tersebut.

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

“Adalah suatu kehormatan, bahwa saya memperoleh kesempatan untuk memberikan sambutan dalam forum ini. Kehormatan itu menjadi semakin bermakna, karena momentum ini merupakan forum permusyawaratan dari sebuah partai yang berjuang untuk keadilan dan kesejahteraan,” kata Sultan.

HB X menambahkan dalam paham kebangsaan, PKS wajib menentang segala macam bentuk eksploitasi dan penindasan oleh satu golongan terhadap golongan lain, dan oleh penguasa terhadap rakyatnya, bahkan oleh elite partai terhadap anggotanya sendiri. Karena pancasila juga menentang dominasi dan diskriminasi sosial, baik oleh alasan perbedaan suku, asal-usul maupun agama.

Baca juga: Soal Bom Bunuh Diri Makassar, Presiden ke Kapolri: Bongkar Jaringannya Sampai ke Akar

“Karena itu, kader-kader PKS hendaknya tidak bersikap partisan, apalagi intoleran, tetapi merangkul semuanya, sebagaimana tekadnya sebagai partai terbuka. Sehingga, PKS benar-benar bisa menjadi rumah demokrasi yang nyaman bagi para aktivis prodemokrasi dari berbagai kelompok sosial, agama, etnis dan golongan,” ujarnya.

Sultan juga memberikan pesan, jika PKS mampu menjembatani masyarakat dengan platform politiknya, bisa jadi akan menarik minat anak-anak muda. Melalui lambang oranye dan logo baru setidaknya anak muda bisa untuk mengapresiasinya. “Dalam hal ini, program, tindakan dan wacana kader-kadernya serta posisioning partai diharapkan mampu mengakomodsi dinamika dan dialektika masyarakat dalam ragam kepentingannya,” katanya.

Ketua DPW PKS Agus Mas’udi menyatakan dalam Rakerwil ini ada empat isu yang menjadi sikap PKS DIY. Antara lain, PKS DIY berkomitmen menjadi partai Islam rahmatan lil alamin dan akan menghadirkan keharmonisan di masyarakat. Kemudian PKS menyorot isu peningkatan kemiskinan di DIY sehingga meminta kepada seluruh kader PKS yang duduk di parlemen agar terus berjuang mendorong kebijakan anggaran untuk pengentasan kemiskinan dan pemulihan ekonomi.

Baca juga: Gunung Merapi Keluarkan Delapan Awan Panas dalam Sehari

Selain itu PKS DIY meminta kepada pemerintah untuk menyiapkan pembelajaran tatap muka untuk SMA/SMK dan perguruan tinggi. Karena dengan dibuka, maka selain proses pendidikan lebih efektif sekaligus dapat meningkatkan ekonomi usaha kecil.

“Terakhir kami mengajak kepada seluruh masyarakat untuk Bersama-sama membangun DIY,” katanya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Penahanan Ferdy Sambo dkk Diperpanjang 30 Hari

News
| Minggu, 05 Februari 2023, 17:57 WIB

Advertisement

alt

Wah...Kini Ada Wisata Pasar Kuliner Minggu Pagi di Pakuningratan Jogja

Wisata
| Minggu, 05 Februari 2023, 15:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement