Advertisement

Digelar Pekan Depan, Ini Jadwal Vaksinasi Jemaah Calon Haji

Catur Dwi Janati
Jum'at, 02 April 2021 - 14:47 WIB
Sunartono
Digelar Pekan Depan, Ini Jadwal Vaksinasi Jemaah Calon Haji Ilustrasi vaksinasi Covid-19. - Harian Jogja/Desi Suryanto

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL - Vaksinasi bagi calon jemaah haji di Bantul bakal segera diselenggarakan pekan depan. Ratusan calon jemaah haji lansia bakal mendapat prioritas vaksinasi.

Kepala Dinas Kesehatan Bantul, Agus Budi Raharjo menyampaikan pekan depan tepatnya 5-7 April calon jemaah haji lansia bakal divaksinasi. "Tanggal 5-7 April Insyaallah kita akan melaksanakan vaksinasi massal di halaman Dinas Kesehatan. Terutama dengan sasaran calon jemaah haji lansia," terangnya Jumat (2/3/2021).

Advertisement

Sebanyak 400 calon jemaah haji dijadwalkan akan menerima vaksin pekan depan. Mengingat jumlahnya yang cukup banyak, pelaksanaan vaksin bagi calon jemaah haji ditarget rampung dua hari.

BACA JUGA : Hanya 370 Jemaah Calon Haji Asal Bantul yang Diberi

"Datanya [calon jemah haji] sudah ada di kita semua. Calon jemaah haji lansia sekitar 400. Kita akan laksanakan dua hari, mungkin ya nanti selesai satu hari, berikutnya bisa dengan massa yang lain," ujarnya.

Agus menerangkan untuk jemaah umrah belum mendapat prioritas vaksinasi. "Umrah tidak, sesuai arahan dari pusat melalui Kementerian Agama, calon jemaah haji perlu ada prioritas. Kemudian kita mengambil segmen lansia, karna itu kan paling rawan untuk segera divaksinasi. Sehingga kombinasi segmen itu kita ambil untuk kita segerakan," tandasnya.

Sementara itu bagi jemaah haji di luar lansia, Agus menyatakan akan mendapat vaksinasi di tahap berikutnya. Jumlahnya yang terbatas, tidak memungkinkan untuk melaksanakan vaksinasi sekaligus di semua calon jemaah haji.

BACA JUGA : Calon Jemaah Haji di Sleman Mulai Divaksin

"Kalau jemaah haji selain lansia nanti di tahap berikutnya. Semua butuh vaksin, tapi kan semua ada keterbatasan, jadinya semua bertahap. Kita selalu melihat dengan prioritas sasaran mana yang paling rawan untuk disegerakan vaksinasinya," tegasnya.

Di sisi lain Agus menjamin 400 calon jemaah haji yang bakal menerima vaksin Covid-19 telah menerima vaksin meningitis sebelumnya. Vaksin meningitis merupakan program vaksin yang diberikan kepada calon jemaah haji yang akan berangkat.

"Kalau meningitis sudah program, itu sudah dilakukan dan itu sudah dengan tahapan calon jemaah haji kan sepeti itu. Karena ini pandemi kita ada tambahan vaksin untuk Covid 19, 400 jemaah haji itu sudah vaksin meningitis," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement