ASN Abal-abal Tipu Pekerja Jasa Konstruksi Capai Rp100 Juta

Ilustrasi rupiah - Reuters
02 April 2021 14:17 WIB Lugas Subarkah Sleman Share :

Harianjogja.com, BERBAH--Mengaku Aparatur Sipil Negara (ASN) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), seorang pria melancarkan aksi penipuan berkedok proyek pembangunan yang berhasil menggondol Rp100 juta.

Kapolsek Berbah, Kompol Eko Wahyu Nugraheni, menjelaskan pelaku adalah MI, 26 tahun warga Jakarta Utara. "Korban adalah Kurniawan, 21 tahun warga berbah, berprofesi di jasa konstruksi," ujarnya, Kamis (1/4/2021).

BACA JUGA : Waspadai Praktik Calo dan Penipuan di Seleksi ASN PPPK

Kejadian berawal saat korban mengenal pelaku melalui facebook pada pertengahan 2020 lalu. Pada Oktober 2020, MI menawari korban untuk bekerja dalam sebuah proyek konstruksi.

Untuk meyakinkan korbannya, MI menunjukkan sejumlah dokumen administratif berupa KTP, SIM dan foto dirinya yang mengenakan seragam ASN, hingga akhirnya korban pun yakin dan tergiur pada penawaran MI.

Dalam penawaran tersebut MI meminta korban untuk mengajukan izin mendirikan sebuah perseroan terbatas. Untuk mengurus legalitas PT tersebut, MI meminta sejumlah uang kepada korban, hingga total yang telah diberikan secara bertahap sebesar Rp100 juta.

BACA JUGA : Tertipu Modus Berdagang Buah-buahan, Eks PNS

Namun korban pun mulai curiga ketika setelah ditunggu cukup lama, MI tidak memberi kejelasan terkait proyek yang dijanjikan dan bahkan tidak memberi kabar apa pun. Korban pun memutuskan melaporkan kejadian tersebut ke Polsek Berbah.

Setelah dilakukan penyelidikan, polisi berhasil membekuk MI di Jakarta Utara pada Rabu (24/1). Atas perbuatannya MI dikenakan pasal 378 KUHP dan atau 372 KUHP dengan ancaman empat tahun penjara.